Apa Itu Trading Saham

Trading Saham: Pengertian, Cara, Keuntungan, dan Kekurangan

Buat yang baru saja mulai belajar saham, artikel ini sangatlah cocok untuk dibaca sampai habis karena akan membahas mengenai apa itu trading saham, bagaimana caranya, dan apa saja kelebihan serta kekurangannya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa Itu Trading Saham?

Apa Itu Trading Saham

Mungkin beberapa dari Anda sudah familiar dengan istilah saham tetapi masih belum terlalu mengerti dengan apa itu saham dan istilah trading saham. Saham merupakan sebuah dokumen berharga yang bisa menunjukkan bukti kepemilikan dari suatu perusahaan. Itu artinya jika seseorang membeli saham maka orang tersebut bisa dikatakan sudah membeli sebagian dari kepemilikan perusahaan yang menjual saham tersebut.

Walaupun mempunyai bagian kepemilikan saham perusahaan bukan berarti pembeli saham bisa membeli dan menjual aset-aset yang dimiliki perusahaan misalnya seperti alat berat, mobil, meja, kursi, komputer, TV dan lain sebagainya.

Trading saham adalah suatu kegiatan menjual dan membeli saham dalam jangka waktu tertentu guna memperoleh keuntungan dari selisih harga beli awal terhadap harga jual akhir atau capital gain.

Trading ini berbeda dengan investasi. Pelaku investasi dinamakan investor sedangkan pelaku trading dinamakan trader. Tidak hanya terletak pada pelakunya perbedaan antara investor dan trading juga terdapat pada caranya.

Investasi memiliki tujuan untuk bisa memperoleh saham sebanyak-banyaknya guna mendapatkan pembagian dividen secara berkala dan memperoleh kekuatan suara atau voting pada dewan pemilik saham. Sementara trading mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dari pergerakan harga saham dalam periode yang sesingkat-singkatnya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa investasi Ini membutuhkan jangka waktu yang cukup lama sedangkan trading membutuhkan waktu yang relatif singkat.

Langkah Awal Memulai Trading Saham

Langkah Awal Memulai Trading Saham

Setelah memahami sekilas mengenai apa itu trading saham, Anda juga perlu tahu bagaimana sih cara trading saham agar untung. Di bawah ini adalah penjelasannya:

Mulai Trading Saham dengan Pengetahuan yang Cukup

Trading Saham - Pengetahuan yang Cukup

Pengetahuan yang cukup bisa kita jadikan sebagai bekal untuk memperoleh banyak keuntungan. Maka dari itu sebelum memulai apapun termasuk memulai trading sebaiknya Anda kuasai dulu ilmunya agar tidak salah langkah.

Untuk trading Anda bisa memahami terlebih dahulu istilah-istilah dan berbagai simbol beserta maknanya. Misalnya seperti OHLC atau Open High Low Close yang berarti Open saat pasar buka dan Close saat pasar tutup. Sementara High merupakan keadaan harga tertinggi dan Low adalah harga terendah.

Mulai Trading Saham dengan Nominal yang Rendah

Trading Saham - Nominal yang Rendah

Tidak semua usaha memerlukan modal yang besar misalnya seperti trading. Untuk meminimalisir adanya kerugian Anda bisa mencoba suatu usaha atau bisnis dengan modal yang kecil terlebih dahulu.

Setelah itu, saat sudah hafal dan paham seluk beluk bisnis tersebut Anda bisa menaikkan nominal modalnya menjadi lebih besar agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar pula.

Memulai Trading Saham dengan Memilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat

Trading Saham - Memilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat

Cara berikutnya adalah memilih perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang menerbitkan obligasi, surat utang, kontrak berjangka, saham, dan lain sebagainya. Untuk memilih Anda perlu mempertimbangkan kredibilitas dan kualitasnya. Anda juga bisa berkonsultasi pada ahli perencana keuangan atau broker saham. Dengan itu Anda akan diberikan banyak masukan agar tidak salah langkah dan mengalami kerugian.

Jangan Trading Saham yang Terlalu Fluktuatif

Jangan Trading Saham yang Terlalu Fluktuatif

Ada saham yang memiliki pergerakan sangat cepat dan biasanya kebanyakan orang menyebutnya dengan istilah saham gorengan. Dikarenakan salam ini memiliki pergerakan yang berlangsung sangat cepat sehingga harganya pun melonjak dalam kurun waktu yang cepat pula.

Disarankan bagi pebisnis pemula agar menghindari trading seperti ini karena cukup membingungkan dan terlalu beresiko. Jadi Pilihlah saham yang memiliki pergerakan normal terlebih dahulu.

Kesenjangan Jual Beli

Trading Saham - Kesenjangan Jual Beli

Dalam pelaksanaan jual beli, Anda bisa menggunakan strategi waktu misalnya seperti saat jam istirahat kantor akan datang maka kesenjangan tinggi bisa saja terjadi. Angka pembelian akan lebih tinggi dibandingkan angka penjualan. Hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh para trader karena saham akan naik harga.

Jangan Gunakan Semua Modal dalam Satu Transaksi

Trading Saham - Modal

Jangan sampai gunakan semua modal ke dalam satu transaksi. Gunakan modal sebanyak sekian persen saja untuk bisa memahami terlebih dahulu bagaimana proses trading yang sebenarnya. Terus belajar dan berlatih dengan memperhatikan jenis saham dan pergerakan pasarnya sebelum bertransaksi. Apabila belum terlalu paham dan memutuskan untuk memasukkan semua modal dalam satu transaksi maka bisa saja akan berakibat kerugian.

Cut Loss dan Keuntungan yang Nyata

Trading Saham - Cut Loss dan Keuntungan yang Nyata

Cut loss merupakan suatu tindakan untuk menjual saham guna menghindari kerugian besar karena adanya pergerakan harga tidak sesuai dengan yang sudah diperkirakan. Biasanya seorang trader akan menjual sahamnya saat harganya turun atau hilang modal dalam posisi mempunyai keuntungan kurang lebih sekitar 10% sampai 20%.

Keuntungan Trading Saham

Keuntungan Trading Saham

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan trading saham, antara lain:

Memperoleh Profit dalam Jangka yang Pendek Tanpa Hold Saham Terlalu Lama

Trading Saham - Profit dalam Jangka yang Pendek

Tidak seperti investasi, trading ini bisa menghasilkan profit dalam jangka pendek tanpa harus hold saham lama-lama. Anda dapat menjual dan membeli saham kapanpun yang Anda mau.

Jika saham sudah naik harga selama sehari maka akan realisasi profit. Jika naik dalam satu minggu dan diperkirakan bisa memperoleh keuntungan, Anda bisa menjual saham.

Memperoleh Profit Besar Dalam Waktu yang Lebih Cepat

Trading Saham - Profit Besar Cepat

Pada saat-saat tertentu trader bisa memperoleh profit yang besa dalam jangka waktu yang relatif singkat misalnya soal IHSG sedang bullish. Sebagai seorang trader, Anda harus bisa memanfaatkan waktu untuk membeli saham yang bagus dan take profit dengan jangka waktu yang relatif singkat ketika saham sudah naik tinggi.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan waktu membeli saham saat sedang diskon atau murah. Saham tersebut biasanya mempunyai peluang rebound atau naik yang lebih cepat.

Memiliki Banyak Pilihan Saham

Trading Saham - Memiliki Banyak Pilihan Saham

Anda bisa mempunyai banyak variasi saham untuk dibeli karena ada juga banyak saham yang mempunyai bentuk analisis teknikal maupun fluktuatis yang baik untuk ditradingkan. Hal tersebut mungkin berbeda dengan investasi yang lebih mementingkan analisis fundamental.

Memperoleh Dividen

Trading Saham - Memperoleh Dividen

Dividen tidak hanya bisa diperoleh saat investasi saham tetapi trading juga bisa mendapatkannya. Caranya adalah dengan memegang saham emiten saat cum date atau tanggal terakhir pembelian saham.

Ada Banyak Cara yang Bisa Dilakukan

Trading Saham - Banyak Cara

Terdapat banyak sekali cara atau strategi untuk trading seperti menitan (scalping), harian (intraday), mingguan sampai bulanan (swing trading), beberapa hari, jangka menengah (positioning trading). Dengan banyaknya cara ini menjadikan Anda bisa memilih cara atau strategi mana yang cocok sehingga bisa menghasilkan profit yang besar pula.

Kekurangan Trading Saham

Kekurangan Trading Saham

Berikut ini adalah beberapa kekurangan trading saham, antara lain:

Risiko Adanya Fluktuasi Saham yang Lebih Besar

Trading Saham - Resiko Fluktuasi Saham Besar

Dalam trading, Anda harus sering memeriksa pasar dibandingkan investasi jangka panjang. Maka dari itu, Anda akan bisa lebih siap untuk menghadapi risiko fluktuatif atau gejala naik turunnya harga. Namun, risiko fluktuatif ini sebetulnya bisa diminimalkan dengan cara memperlama time frame trading.

Rugi

Trading Saham - Rugi

Trading juga bisa mengakibatkan kerugian karena saham yang ada di pasar saham, tidak semuanya bagus untuk ditradingkan. Maka dari itu, untuk meminimalisir adanya kerugian, Anda harus bisa memilih saham mana yang baik secara teknik dan kapan saat yang tepat.

Sekian informasi mengenai pengertian, cara, kelebihan, dan kekurangan trading saham. Semoga membantu khususnya untuk Anda yang baru saja ingin terjun ke dunia saham. Tetap semangat belajar dan terima kasih sudah baca sampai habis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 993

No votes so far! Be the first to rate this post.

Scroll to Top