6 Cara Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

Perusahaan sekuritas memiliki posisi yang sangat srategis dalam dunia investasi di pasar modal. Bagi mereka yang mau berinvestasi saham harus menghubungi perusahaan broker saham tersebut untuk memuluskan langkah kamu bermain saham di Bursa Efek Indonesia. Hal itu sudah menjadi ketentuan dan ketetapan umum yang sudah diatur oleh pemerintah dan lembaga pengelola pasar modal.

Orang-orang yang memilih menjadi investor saham banyak orang di Indonesia. Namun oleh kekurang pengetahuan dan informasi membuat mereka tidak tahu bagaimana caranya investasi saham. Padahal sangat mudah. Salah satunya dengan menghubungi pihak perusahaan sekuritas terdekat.

Rekomendasi Perusahaan Sekuritas

Rekomendasi Perusahaan Sekuritas

Kamu harus mendaftarkan diri dulu ke perusahaan tersebut. Ada banyak sekali perusahaan sekuritas yang bisa kamu pilih. Dalam memilih hendaknya kamu memilih perusahaan yang terpercaya dan mempunyai kredibel baik. Supaya kamu dapat terhindar dari penipuan dan tindakan kecurangan yang dilakukan perusahaan broker saham.

Berikut ini beberapa perusahaan sekuritas yang BitUniverse rekomendasikan, yakni :

  • Trimegah Sekuritas
  • Panin Sekuritas
  • Philips Sekuritas
  • BRI Sekuritas
  • Sekuritas IndoPremier
  • BNI Sekuritas
  • Mandiri Sekuritas.

Dengan bergabung diri pada perusahaan sekuritas berarti kamu sudah bisa melakukan transaksi pembelian saham dan penjualan saham untuk mendapatkan profit. Namun untuk mendaftarkan diri sebagai investor saham pada perusahaan yang memerlukan beberapa persyaratan. Secara garis besarnya adalah fotocopy KTP, NPWP, dan buku tabungan serta uang setoran awal sebagai syarat membuka rekening.

Setelah mempunyai rekening, investor akan mempunyai Sub Rekening Efek (SRE), Single Investor Identification (SID) dan Rekening Dana Nasabah (RDN) sebagai bukti agar nasabah dapat memulai investasi saham. Peran perusahaan ini adalah untuk membuat semua itu serba mudah bagi mereka yang mau bertransaksi di pasar modal.

Profesi sebagai seorang investor saham adalah profesi yang sangat menjanjikan. Kerja santai tapi uang berlimpah-limpah. Pekerjaan mereka adalah mencari dan menelaah saham. Apabila ada perusahaan yang memiliki kinerja sangat baik dan prospek cerah di masa depan maka ia akan segera membeli saham perusahaan tersebut lewat perusahaan sekuritas.

Pada dasarnya, perusahaan seperti ini menjual berbagai macam investasi saham. Yang mencakup Reksadana, Surat Berharga Syariah Negara yang disingkat SBSN, Surat Utang Negara yang disingkat (SUN), obligasi, dan saham. Investor bisa membeli semua jenis saham tersebut untuk meningkatkan nilai uangnya supaya tak tergerus arus inflasi.

Mengenal Perusahaan Sekuritas

Mengenal Perusahaan Sekuritas

Sumber: OJK

Untuk memahami pengertian perusahaan sekuritas, marilah kita baca isi Undang-Undang Nomor 8 tahun 1995 yang menyatakan perusahaan sekuritas disebut juga perusahaan efek yang merupakan pihak berwenang melaksanakan aktifitas bisnis sebagai manajer investasi, mediator pedagang efek maupun pemberi jaminan emisi efek.

Perusahaan sekuritas disebut juga perusahan pialang atau broker saham. Untuk menghindarkan diri dari penipuan, Pasar Modal memberikan daftar resmi perusahaan efek yang telah tercatat di pasar modal. Kamu pun harus jeli memilih perusahaan efek jika ingin berinvestasi saham. Karena masih ada perusahaan pialang yang bodong tanpa ijin resmi dari OJK.

Untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi saham diperlukan keterlibatan perusahaan sekuritas terbaik dan terpercaya. Yang bisa dilihat dari banyaknya pengguna jasanya dan peraihan predikat terbaik di berbagai ajang penghargaan.

2 Jenis Perusahaan Sekuritas (Lokal atau Asing?)

Perusahaan Sekuritas Asing dan Lokal

Perusahaan sekuritas di Indonesia terbagi ke dalam dua kategori yakni perusahaan efek lokal dan perusahaan efek asing. Setiap perusahaan pialang tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Sebagian investor ada yang memilih menggunakan jasa perusahaan broker saham asing dan sebagian lagi memilih perusahaan pialang lokal.

Salah satu kelebihan perusahaan sekuritas asing adalah memiliki jumlah transaksi lebih besar ketimbang perusahaan lokal. Selain itu, kinerja perusahaan dapat mempengaruhi harga saham secara menyeluruh. Adapun yang menjadi kekurangan dari perusahaan efek asing adalah biaya fee yang lebih besar ketimbang fee perusahaan efek lokal.

Perusahaan sekuritas asing mematok fee sebesar 0,35 persen untuk transaksi penjualan saham. Sedangkan fee pembelian saham sekitar 0,25 persen. Sekarang bandingkan dengan fee dari perusahaan lokal yang membebankan biaya transaksi pembelian dan penjualan saham yang hanya dikisaran 0,15 persen sampai 0,25 persen.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari perusahaan lokal dan asing, berikutnya akan kami jelaskan mengenai perusahaan sekuritas terbaik.

6 Cara Memilih Perusahaan Sekuritas

6 Cara Memilih Perusahaan Sekuritas

Sebelum menginvestaskan uang kamu di perusahaan sekuritas terbaik yang terdaftar di pasar modal pastinya kamu harus melewati perusahaan ini sebagai pihak yang akan membantu transaksi jual beli saham di pasar modal yang akan kamu lakukan. Perusahaan pialang saham sangat banyak dan kamu harus jeli memilih perusahaan yang terbaik.

Berikut ini cara memilih perusahaan sekuritas terbaik, antara lain:

1. Pilihlah Perusahaan yang Terdaftar Resmi BEI dan OJK

Perusahaan Sekuritas Terdaftar BEI dan OJK

Untuk mencegah terjadinya kerugian investor di bursa saham maka pemerintah membentuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK ini bertugas sampingan untuk mengawasi perdagangan saham di Indonesia agar berjalan tertib seuai aturan yang tak merugikan dan dirugikan pihak lain.

Salah satu cara supaya investasi saham dapat maksimal adalah dengan memilih perusahaan sekuritas yang aman terpercaya dan profesional. Dan yang tak kalah penting mempunyai ijin resmi dari Bursa Saham Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Sehingga segala transaksi dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

2. Mudah Melakukan Pendaftaran

Perusahaan Sekuritas - Mudah Melakukan Pendaftaran

Rekomendasi lain yang perlu kamu lakukan adalah memilih perusahaan pialang yang tak memberatkan pendaftaran calon investor. Perusahaan efek itu sangat menyambut baik calon investor saham baru dengan segala persyaratan yang tak berbelit-belit. Bahkan mereka menyediakan pendaftaran online secara mudah.

3. Setoran Mudah Secara Online

Perusahaan Sekuritas - Setoran Mudah

Salah satu syarat untuk membuka rekening efek adalah memberikan dana pertama sebagai uang untuk transaksi saham. Beberapa perusahaan sekuritas memberikan setoran awal minimal dengan jumlah puluhan juta rupiah. Kamu bisa memilih perusahaan broker saham yang membebankan biaya setoran awal yang sangat ringan dan terjangkau. Kalau bisa kamu memilih perusahaan yang tak memberi beban setoran awal minimal. Contohnya perusahaan efek IndoPrimer.

4. Disertai Aplikasi Online

Perusahaan Sekuritas - Disertai Aplikasi Online

Yang tak kalah penting, kamu mesti memilih perusahaan yang menyediakan aplikasi trading saham online bagi para investor. Sehingga memudahkan mereka dalam transaksi jual saham atau beli saham di internet tanpa perlu keluar rumah.

5. Memberikan Layanan Analisa

Perusahaan Sekuritas - Layanan Analisa

Bagi pemula pastinya akan kebingungan dalam memilih jenis saham perusahaan yang potensial. Karena mereka belum mengetahui bagaimana cara analisa pasar. Inilah yang membuat kamu perlu memilih mengambil perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan analisa pasar. Yang akan memudahkan para investor dalam mengambil saham yang tepat dan menguntungkan.

6. Pilihlah Perusahaan Sekuritas yang Terdekat

Perusahaan Sekuritas Terdekat

Terakhir dalam memilih perusahaan sekuritas adalah memilih perusahaan efek yang berada di dekat kota kamu. Sehingga memudahkan kamu dalam berkonsultasi dan mendatangi perusahaan efek jika ada sesuatu keperluan yang mendesak.

Perusahaan efek yang beredar di Indonesia sangat banyak. Yang berdiri di sejumlah kota besar di Indonesia, seperti :

  • Bandung
  • Jakarta
  • Sumedang
  • Cimahi
  • Surabaya
  • Semarang
  • Medan
  • Denpasar
  • Balikpapan
  • Banjarmasin
  • Pekanbaru
  • Riau
  • dan kota besar lain.

Lalu bagaimanakah cara mengetahui perusahaan pialang mana saja yang dekat dengan kota kamu? Caranya sangat mudah dengan kamu mengunjungi website resmi Bursa Efek Indonesia.

5 / 5. 906