Mengenal Perusahaan Fintech Di Indonesia Tahun 2021

Fintech sendiri merupakan kependekan dari Financial dan Technology. Dapat disimpulkan bahwa perusahaan Fintech adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Keberadaan Fintech tentu akan sangat mendukung kebutuhan golongan milenial, seperti dalam proses pembayaran, transfer dana, pengelolaan aset, pinjaman, dan pengumpulan dana. Secara tidak sadar, keberadaan Fintech, yang mempermudah segala macam transaksi keuangan, mampu mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia.

Perkembangan Fintech di Indonesia dapat dibilang sangat pesat. Hal tersebut terlihat pada pertumbuhan start-up yang kian menjamur. Sebagian dari start-up yang muncul tersebut merupakan perusahaan Fintech dan sebagian lainnya merupakan hasil dukungan dari perusahaan Fintech.

Peran dan Manfaat Perusahaan Fintech

Perusahaan Fintech - Peran dan Manfaat

Seiring perkembangan jaman, masyarakat sudah tak asing lagi dengan yang namanya smartphone. Dapat dikatakan bahwa smartphone kini bukan lagi sebuah barang yang mewah, melainkan suatu kebutuhan yang tak dapat terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan smartphone ini pun berdampak pada perkembangan jasa keuangan, yakni perusahaan Fintech.

Kemajuan teknologi di Indonesia membuat penggunaan smartphone semakin gencar dan menyentuh di tiap kalangan. Hal tersebut tentu akan memicu kemunculan beragam ide yang memanfaatkan kecanggihan dan teknologi dari smartphone. Salah satu ide tersebut adalah Fintech, dimana fintech berhasil memberikan berbagai kemudahan dalam bidang keuangan dan dapat di akses baik di smartphone, ataupun melalui laptop atau PC.

Di bawah ini akan diulas secara singkat dan padat tentang peran dan manfaat perusahaan Fintech dalam kehidupan masyarakat Indonesia :

Pembiayaan Untuk Modal UMKM

Perusahaan Fintech - Pembiayaan Untuk Modal UMKM

Peer-to-peer lending yang merupakan salah satu fitur Fintech ini memberikan keuntungan kepada para pengusaha UMKM untuk mendapatkan modal dengan bunga yang rendah. Untuk mendapatkan pinjaman, Anda hanya perlu mendaftarkan diri Anda ke perusahaan Fintech yang dapat dilakukan melalui smartphone Anda. Selain itu, agar pinjaman dapat disetujui, Anda wajib memenuhi persyaratan yang diminta.

Pelayanan Finansial

Perusahaan Fintech - Pelayanan Finansial

Fintech juga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam transfer dana, pembayaran, dan lain sebagainya. Jika cara konvensional mengharuskan Anda untuk mendatangi teller bank atau pergi ke ATM untuk melakukan pengambilan uang, pembayaran, atau transfer dana, maka keberadaan Fintech membuat semuanya lebih efisien. Dengan hanya bermodalkan smartphone, Anda sudah bisa melakukan transaksi di mana pun Anda berada.

Memberikan Dukungan Inklusi Keuangan

Perusahaan Fintech - Memberikan Dukungan Inklusi Keuangan

Inklusi keuangan merupakan hak untuk mengakses dan mendapatkan layanan dari lembaga keuangan, berupa layanan perbankan, asuransi, investasi, teknologi finansial, dan sebagainya. Dengan adanya inklusi keuangan, maka akan mengurangi ketimpangan ekonomi di masyarakat, sehingga perekonomian masyarakat akan terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut bisa terjadi melalui pemerataan akses layanan keuangan di berbagai lapisan masyarakat. Kehadiran Fintech di Indonesia secara tidak langsung tentu akan membuka peluang lebih besar untuk kenaikan persentase inklusi keuangan skala nasional.

Meminjamkan Dana Dengan Bunga Rendah

Perusahaan Fintech - Meminjamkan Dana Dengan Bunga Rendah

Skema kredit yang transparan memberikan kemudahan dan keuntungan bagi para nasabah kredit. Dengan adanya Fintech, masyarakat akan terbantu dalam hal mendapatkan pinjaman dana dengan bunga yang rendah dan cicilan yang tidak memberatkan. Hal tersebut menyebabkan perusahaan Fintech disambut hangat karena berpotensi memberikan banyak keuntungan bagi semua pihak. Oleh karena itu, kini Fintech tengah populer karena banyaknya pebisnis yang berlomba-lomba untuk menanamkan sahamnya di perusahaan Fintech.

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Perusahaan Fintech - Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Keberadaan Fintech memudahkan para pebisnis pemula, terutama startup untuk memulai usahanya. Kemudahan yang ditawarkan Fintech tentu akan memantik kemunculan startup baru. Hal tersebut tentu akan berdampak baik bagi kehidupan masyarakat Indonesia karena kemunculan startup baru akan menyerap banyak tenaga kerja. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat Indonesia pun akan mengalami peningkatan.

Daftar Perusahaan Fintech di Indonesia

Perusahaan Fintech

Begitu banyaknya start-up yang bermunculan, tentu menambah daftar perusahaan Fintech Indonesia semakin panjang. Kemunculan start-up ini diharapkan dapat memperbaiki keterpurukan perekonomian di masa pandemi.

Berikut ini adalah daftar perusahaan Fintech Indonesia yang paling populer:

  • Amartha
  • Cek Aja
  • Bareksa
  • Doku
  • Go-Pay
  • Midtrans
  • Finansialku
  • T-Cash
  • Uang Teman
  • Modalku
  • Kredivo
  • OVO

Daftar Aplikasi Fintech Yang Paling Populer

Perusahaan Fintech - Aplikasi Fintech Populer

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemunculan Fintech di Indonesia membawa perekonomian nasional menjadi lebih maju. Tidak hanya mampu menyerap tenaga kerja, namun juga mampu membantu masyarakat dalam pengelolaan aset, juga memberikan solusi cepat bagi UMKM.

Di bawah ini adalah beberapa daftar aplikasi Fintech yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia :

  • DOKU
  • Bareksa
  • GoPay
  • Link Aja
  • DANA
  • T-Cash

Daftar Perusahaan Fintech Berbasis Syariah

Perusahaan Fintech - Berbasis Syariah

Seperti lembaga keuangan lainnya, kini Fintech juga hadir yang berbasis syariah. Walaupun perkembangan dari Fintech syariah tidak sepesat Fintech konvensional, Fintech Syariah ikut berperan serta dalam menyejahterakan masyarakat Indonesia.

Umumnya, Fintech yang berbasis syariah bergerak di bidang pembiayaan UMKM. Namun, ada pula yang memberikan layanan pembiayaan untuk kebutuhan konsumtif, maupun perjalanan religi. Berikut ini adalah daftar aplikasi Fintech berbasis syariah yang sudah terdaftar di OJK.

Ammana

Perusahaan Fintech - Ammana

Ammana merupakan Fintech yang berbasis syariah di Indonesia dan terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ammana bergerak di bidang pembiayaan untuk UMKM. Tidak hanya itu, Ammana juga memiliki program berupa wakaf untuk rumah sakit, pondok pesantren, dan lain sebagainya.

Alami Sharia

Perusahaan Fintech - ALAMI

Alami Sharia juga berfokus pada UMKM. Fintech ini bergerak di bidang market aggregator dan P2P lending. Dengan plafon yang disediakan mulai dari 200 juta rupiah hingga 300 milyar rupiah, Alami Sharia mampu menyalurkan pinjaman 22 milyar rupiah kepada 30 UMKM di tahun pertama berdiri.

Investree Syariah

Perusahaan Fintech - Investree Syariah

Sama seperti Ammana dan Alami Sharia, Investree Syariah juga berfokus pada pembiayaan UMKM yang menggunakan invoice sebagai jaminannya. Investree Syariah dapat memberikan pinjaman maksimal sebesar 80% dari nilai invoice, yang mana nilai untuk satu invoice-nya tidak lebih dari 2 milyar rupiah.

Danakoo Syariah

Perusahaan Fintech - Danakoo Syariah

Danakoo Syariah merupakan marketplace yang bergerak di bidang P2P lending, Danakoo Syariah akan memberikan pinjaman mulai dari 50 ribu rupiah hingga 50 juta rupiah. Cukup dengan mengunduh aplikasinya dan memenuhi persyaratannya, Anda sudah bisa mengajukan permohonan untuk peminjaman dana.

Dana Syariah

Perusahaan Fintech - Dana Syariah

Dana syariah berfokus pada pembiayaan untuk para pengusaha properti, yang meliputi untuk pembelian lahan, pendirian bangunan, pembangunan sarana, dan lain sebagainya. Nilai pembiayaan yang ditawarkan oleh Dana Syariah mulai dari 1 milyar rupiah.

Qazwa

Perusahaan Fintech - Qazwa

Perusahaan Fintech satu ini bergerak di bidang pembiayaan. Pembiayaan yang dimaksud disini dikhususkan untuk modal usaha, yang mana usahanya berlokasi di wilayah Jabodetabek. Salah satu syaratnya adalah usaha telah aktif berjalan dalam kurun waktu minimal 6 bulan.

Duha Syariah

Perusahaan Fintech - Duha Syariah

Pembiayaan yang dapat difasilitasi oleh Duha Syariah hanya untuk kebutuhan konsumtif dan perjalanan religi. Besar pembiayaan yang mampu diberikan oleh Duha Syariah berkisar antara Rp.1.500.000 sampai Rp.20.000.000.

Demikianlah ulasan mengenai perusahaan Fintech. Semoga membuka wawasan Anda mengenai jasa keuangan yang praktis dan canggih ini.

5 / 5. 998