Pengertian Tabungan dan 7 Jenis Rekomendasi Tabungan

Pengertian tabungan sudah pasti sudah diketahui banyak orang. Menabung adalah suatu kegiatan menyimpan uang. Ia bagaikan suatu peribahasa menabung sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Istilah populer ini biasanya dikenalkan pada seorang anak sejak dini melalui membeli celengan. Kemudian diisi dengan uang recehan.

Menabung bagi setiap orang kadarnya berbeda-beda. Ada orang yang mampu menabung setiap hari sebesar Rp 100 ribu. Ada pula orang yang hanya bisa menabung Rp 10 ribu per hari. Hal tersebut tergantung besaran pendapatan seseorang setiap harinya. Namun pastikan seseorang harus menabung. Yang bermanfaat untuk dijadikan investasi maupun dana darurat.

Menabung dan Investasi

Pengertian Tabungan - Menabung vs Investasi

Menabung dan investasi adalah dua hal yang berbeda. Menabung adalah sifat uang yang tak bertambah banyak. Sedangkan investasi nilai uang yang ditabung akan semakin bertambah besar. Untuk itulah, bagi orang yang pandai keuangan akan memilih investasi ketimbang menabung. Dengan investasi, uang akan bertambah besar. Adapun menabung bisa tergerus nilai uang oleh laju inflasi.

Begitu pentingnya menabung, banyak orangtua menanamkan kedisiplinan ini pada anak sejak usia dini. Bahkan dalam ruang lingkup sekolah pun diadakan dengan namanya tabungan sekolah. Dimana setiap siswa diberikan buku tabungan. Setiap hari siswa dapat menabung dengan nominal uang minimal Rp 1000. Pada akhir tahun atau kenaikan kelas, uang tabungan siswa akan diberikan kepada siswa.

Manfaat Menabung

Pengertian Tabungan - Manfaat Menabung

Sementara itu, manfaat menabung sangat besar manfaatnya. Hal itu pula yang dirasakan oleh penulis. Pada saat kita mengalami suatu musibah misalkan kecelakaan dan membutuhkan uang dalam jumlah besar maka kita tinggal mengambil uang dari tabungan.

Apalah jadinya jika kamu tidak mempunyai tabungan? Pastinya saat kamu membutuhkan uang secara darurat maka kamu tidak bisa memenuhinya. Jalan yang biasa dipergunakan adalah meminjam uang kepada orang lain. Kalau orang lain tak mau meminjamkan uangnya bagaimana? Tentu hidup kamu akan kesulitan dengan tanpa mempunyai pengertian tabungan.

Dengan punya tabungan, kamu juga dilatih untuk hidup mandiri dan belajar mengelola keuangan secara baik dan benar. Selain itu, kamu belajar untuk bersikap hemat atau hidup tidak boros. Karena boros adalah sesuatu perbuatan yang dibenci oleh Allah dan perbuatan yang kurang baik.

Yang tak kalah penting dengan menabung, kamu akan mempunyai lebih banyak kekayaan dan simpanan uang. Apalagi ditumpuk dan disimpan dalam jangka panjang melalui sarana investasi.

Pengertian Tabungan Secara Luas

Pengertian Tabungan

Dibalik pentingnya tabungan, banyak orang yang belum memahami pengertian tabungan dan melaksanakannya. Ada banyak orang yang tidak bisa menabung setiap hari. Hal tersebut biasanya disebabkan penghasilan yang didapatkan seseorang sangat minim. Sehingga ia tidak bisa menabung. Untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dirinya dan keluarganya tidak mencukupi.

Pengertian tabungan menurut para ahli dan pakar keuangan sudah sepakat semuanya. Pengertian tabungan adalah sebuah simpanan yang dilakukan seseorang untuk merencanakan di masa depan dengan lebih baik. Uang tabungan berasal dari penghasilan seseorang yang ia sisihkan dalam bentuk tabungan di celengan maupun rekening di bank. Tentu saja menabung uang di bank lebih aman ketimbang menabung uang di celengan rumah.

Pengertian tabungan di rumah atau bank bersifat aman dan sewaktu-waktu dapat diambil. Menabung uang di bank, seseorang akan mendapatkan bunga tabungan yang besarannya sangat kecil ketimbang bunga deposito. Nabung uang di bank juga seseorang akan dikenakan biaya administrasi yang umumnya Rp 5000 per bulan.

Yang melegakan juga dengan nabung uang di bank, seseorang dapat mengambil uang sewaktu-waktu dengan mengunjungi bank langsung atau mengunjungi gerai Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terdekat. Yang lebih praktis adalah mengambil uang melalui ATM yang tersebar luas di berbagai tempat umum. Seperti minimarket.

Pihak perbankan terus memberikan layanan pengertian tabungan secara mudah dan modern. Seperti dengan menyediakan layanan internet banking. Misalkan Bank Mandiri yang menyediakan aplikasi mandiri online bagi nasabah dengan beragam manfaat. Dengan aplikasi mandiri online, nasabah bisa melakukan cek saldo, mentransfer uang atau menerima uang dari pihak lain.

Jenis Tabungan

Pengertian Tabungan - Jenis Tabungan

Ada berbagai macam jenis tabungan saat ini. Terutama tabungan di bank. Dari mulai tabungan berjangka, tabungan simpedes, tabungan umat, tabungan emas dan lain-lain.

Berikut ini beberapa jenis tabungan dan pengertian tabungan tersebut, antara lain :

1. Tabungan Anak

Pengertian Tabungan - Tabungan Anak

Tabungan anak diperuntukkan bagi kalangan anak-anak. Mereka diajarkan untuk hidup berhemat dengan cara diberikan buku tabungan. Setiap hari, seorang anak dianjurkan agar bisa menabung walaupun dalam nominal kecil. Misalkan Rp 500 atau Rp 1000. Contohnya buku tabungan yang diberikan sekolah pada setiap siswa.

2. Tabungan Haji

Pengertian Tabungan - Tabungan Haji

Dari namanya sudah jelas bahwa tabungan ini khusus dipakai oleh mereka yang mau menunaikan ibadah haji. Melakukan ibadah haji adalah wajib bagi mereka yang mampu secara fisik dan ekonomi. Namun untuk melakukan ibadah haji tidak mudah. Seseorang perlu mempersiapkan keuangan yang besar. Salah satu caranya dengan menyisihkan uang dalam tabungan haji.

Setelah saldo uang mencukupi dalam menunaikan ibadah haji maka nasabah dapat mendatarkan diri sebagai calon jemaah haji dengan bantuan bank. Pembayaran ongkos biaya jemaah haji pun dapat dilakukan di bank-bank terdekat yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Bagi kamu yang ingin melaksanakan ibadah haji, sebaiknya menabung sejak sekarang.

3. Tabungan Giro

Pengertian Tabungan - Tabungan Giro

Tabungan ini merupakan kategori tabungan bisnis. Sebab layanan ini dipergunakan untuk keperluan suatu usaha misalkan transfer dana ke sejumlah rekening. Selain itu, di tabungan giro, kamu dapat melakukan transaksi keuangan lewat bilyet dan cek. Bagi kamu yang mau membuka tabungan ini silahkan berkunjung ke bank terdekat. Setoran pertama umumnya sebesar Rp 2 juta.

4. Tabungan Mata Uang Asing

Pengertian Tabungan - Tabungan Mata Uang Asing

Tabungan ini dinamakan pula tabungan valas. Untuk membuka tabungan mata uang asing, kamu bisa mendatangi langsung bank resmi terdekat. Yang ditabung oleh kamu bukan uang dalam mata uang rupiah, tapi dalam bentuk mata uang asing. Contohnya Poundsterling, euro, dolar, dinar, dirham, yen dan lainnya.

5. Tabungan Pendidikan

Pengertian Tabungan - Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan adalah tabungan yang dibuat untuk merencanakan masa depan anak. Mengingat biaya pendidikan semakin mahal setiap tahunnya. Sehingga tak ada salahnya, kamu mempersiapkan pendidikan anak dengan menabung di tabungan anak. Biasanya tabungan ini memiliki bunga yang lebih besar ketimbang tabungan konvensional.

6. Tabungan Konvensional

Pengertian Tabungan - Tabungan Konvensional

Tabungan ini disebut tabungan paling umum yang biasanya sudah dimiliki orang. Kamu yang memilih pengertian tabungan uang di tabungan konvesional akan mendapatkan kartu ATM, Buku tabungan, layanan internet banking, sms banking dan lain-lain. Laba dari tabungan konvensional sangat kecil sehingga tidak layak disebut sarana investasi. Bayangkan bunga yang diperoleh nasabah hanya nol persen sampai dua persen.

7. Tabungan Berjangka

Pengertian Tabungan - Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka adalah jenis tabungan yang dipersiapkan untuk tujuan tertentu dalam jangka tertentu. Misalkan tujuan tabungan ini adalah untuk mempersiapkan dana bagi liburan di akhir tahun. Sehingga sejak sekarang seseorang bisa menabung untuk bisa merealisasikan mimpinya itu untuk berlibur di area destinasi wisata yang diinginkannya. Seperti Bali, Lombok, dll.

Itulah pengertian tabungan dan jenis-jenis dan manfaatnya. Semoga bermanfaat bagi kamu dan termotivasi untuk menabung demi kehidupan masa depan yang lebih baik.

5 / 5. 798