Pengertian Deposito, Ciri Khas, dan Cara Perhitungan Bunganya

Deposito adalah menjadi topik pembahasan pada pagi hari ini. Semua orang sudah paham arti dari pengertian deposito yang merupakan salah satu produk investasi yang umumnya tersedia di lembaga perbankan konvesional maupun syariah. Bagi kamu yang belum paham mengerti arti dan pengertian deposito maka jangan berkecil hati karena di sini akan dijelaskan secara lengkap.

Deposito adalah suatu istilah yang tak asing lagi bagi setiap orang seperti kalangan mahasiswa, karyawan, pengusaha, pelajar dan ibu rumah tangga. Jika mendengar deposito maka terbayang oleh mereka adalah simpanan uang dalam jumlah besar yang tersimpan di bank secara aman dan menguntungkan. Setiap bulan pemilik deposito mendapatkan bunga deposito.

Beberapa pihak mendefinisikan pengertian deposito secara lengkap. Berikut ini penjelasan tentang arti deposito, antara lain:

  1. Menurut Muhammad Hassanudin, pengertian deposito adalah simpanan yang sifatnya berjangka yang terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak antara bank dan nasabah deposito
  2. Thomas Suyatno berpendapat bahwa pengertian deposito adalah sebuah simpanan tabungan di perbankan yang penarikannya dalam masa jatuh tempo
  3. Lukman Dendawijaya mengemukakan pengertian deposito adalah suatu uang yang dititipkan pada sebuah bank dengan perjanjikan terikat.

Perbedaan Pengertian Deposito dan Tabungan

Perbedaan Pengertian Deposito dan Tabungan

Perbedaan dari segi pengertian deposito dan tabungan sangat jelas. Tabungan adalah simpanan uang di bank yang tak memiliki istilah jatuh tempo. Setiap saat dan setiap waktu, tabungan uang di bank dapat diambil. Dengan cara datang langsung ke bank bersangkutan ataupun mengambilnya melalui jaringan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terdekat yang tersebar di beberapa lokasi strategis.

Adapun tabungan deposito tak dapat diambil sewaktu-waktu kecuali pas hari tanggal jatuh tempo. Sebenarnya uang di deposito dapat diambil di bank tanpa hari jatuh tempo, namun nasabah akan dikenakan sanksi penalti atau denda. Misalkan uang deposito sebesar Rp 20 juta yang mau diambil dikenakan biaya denda sebesar Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu.

Perbedaan lainnya, tabungan memiliki bunga yang sangat kecil ketimbang deposito. Misalkan kamu menabung uang di tabungan rekening bank konvensional sebesar Rp 20 juta maka bunga yang didapatkan hanya sebesar Rp 10 ribu per bulan bahkan bisa kurang. Sedangkan jika kamu menanamkan uang pada deposito bank sebesar Rp 20 juta maka bunga deposito bulanan yang bisa kamu peroleh sebesar Rp 50 ribu.

Perbedaan tabungan dan deposito yang lain adalah dari segi pajak dan laba. Deposito dikenakan pajak yang dinamakan pajak deposito. Sedangkan tabungan tak dikenakan pajak. Selain itu deposito yang labanya sifatnya stabil dibandingkan produk tabungan. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh para ahli keuangan bahwa pengertian deposito adalah instrumen investasi yang memberikan bagi hasi lebih besar dari tabungan.

Ciri-Ciri Deposito

Pengertian Deposito - Ciri-ciri

Deposito mempunyai ciri khasnya dari tabungan biasa. Berikut ini beberapa ciri khas dari deposito, antara lain:

1. Setoran

Pengertian Deposito - Setoran

Dalam tabungan bank, kamu bebas memberikan setoran tabungan. Pada setoran awal umumnya lebih besar misalkan Rp 100 ribu. Sedangkan pada setoran selanjutnya, umumnya bebas. Kamu dapat setor tabungan minimal sebesar Rp 20 ribu. Hal ini sebaliknya dengan setoran pada deposito yang umumnya sangat besar dan sekali setoran. Misalkan setoran minimal Rp 10 juta.

2. Tenggat Waktu

Pengertian Deposito - Tenggat Waktu

Pengertian deposito lainnya adalah suatu simpanan yang memiliki tenggat waktu tertentu. Ia tidak bisa diambil sewaktu-waktu layaknya tabungan di bank. Pada saat seseorang memutuskan menjadi nasabah deposito maka petugas bank akan memberikan pilihan bagi investor untuk memilih jangka waktu. Dari mulai satu bulan, tiga bulan, enam bulan, dan satu tahun.

Sifat deposito adalah tidak layak dijadikan sebagai dana darurat. Karena sifatnya yang tak bisa diambil sewaktu-waktu. Deposito dapat dicairkan uang pokoknya sesuai jatuh tempo yang terdapat pada sertifikat deposito.

Perbedaan P2P Lending dan Deposito

Pengertian Deposito - Perbedaan P2P Lending dan Deposito

Sumber: akseleran.co.id

Bagi orang yang sudah terjun dalam dunia investasi pastinya sangat mengenal betul apa itu deposito. Deposito adalah sarana investasi untuk mengembangbiakan uang. Uang yang selama ini ada ditumbuhkan terus sampai meningkat nilainya. Sebenarnya cara mengembangbiakan uang bisa dilakukan dengan cara lain seperti investasi dalam sektor saham, properti, tanah, rumah, bisnis dan lain sebagainya.

Sekarang ini muncul teknik baru untuk mengembangbiakan uang yakni dengan cara P2P atau peer to peer. Dalam hal ini, kamu sebagai pemilik modal memberikan sejumlah uang kepada pemilik usaha. Dan dari uang yang kami tanamkan itu, kamu akan mendapatkan bagi hasil atau return setiap bulan. Dalam hal ini, kamu akan mendapatkan dana yang kamu pinjamkan beserta keuntungan hasil usaha.

Yang menjadi perbedaan deposito dengan P2P Lending terletak pada hasil bunga. P2P memberikan bunga yang jauh lebih besar ketimbang deposito. Selain itu, perbedaan tampak dari jaminan. Deposito sifatnya sangat aman disimpan di bank karena mendapatkan jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sedangkan P2P Lending tidak mendapatkan jaminan apapun dari LPS.

Pertimbangan Mengambil Deposito

Pengertian Deposito - Pertimbangan

Dalam mengambil deposito di bank, seseorang tak boleh sembarangan. Namun ia harus mempertimbangkan segala sesuatunya secara matang. Mengingat deposito memiliki berbagai jenis dan macam. Setiap orang belum tentu cocok dengan satu deposito di bank.

Berikut ini beberapa pertimbangan yang umumnya dilakukan orang pada saat akan mengambil investasi deposito, antara lain:

1. Bunga Deposito

Pengertian Deposito - Bunga Deposito

Salah satu yang umum dilakukan orang adalah mengambil deposito yang menawarkan keuntungan lebih besar dari jenis deposito lain. Hal ini sah-sah saja karena manusia sebagai makhluk hidup yang selalu ingin untung. Namun jangan sampai terkecoh. Sebab bunga deposito yang memberikan bunga lebih besar dari umumnya bisa saja mengandung unsur penipuan.

Untuk mengetahui bunga yang lebih besar dari deposito yang lain maka kamu bisa melakukan cara menghitung bunga deposito dari satu bank dengan bank lainnya. Cara termudah adalah kamu melakukan investasi deposito di beberapa bank. Kamu bisa melihatnya manakah yang memberikan bunga terbesar. Cara ini sangat sulit dilakukan apabila kamu mempunyai modal uang sangat kecil.

2. Memilih Bank Terpercaya

Pengertian Deposito - Memilih Bank Terpercaya

Kamu bisa memilih investasi deposito di satu bank. Apakah itu bank konvensional atau bank syariah. Namun kamu harus memastikan tempat deposito kamu itu benar-benar terpercaya dan resmi serta dilindungi oleh LPS. Mengingat saat ini sudah semakin marak, beberapa lembaga keuangan yang menerima layanan deposito dengan laba yang lebih besar. Tapi ujungnya bukan laba besar yang didapatkan. Uang deposito itu bisa hillang dibawa kabur oleh pemilik lembaga keuangan itu. Oleh karenanya, pastikan kamu memilih bank terpercaya dalam menyimpan uang deposito.

Hukum Bunga Deposito

Pengertian Deposito - Hukum Bunga Deposito

Ajaran Islam melarang perbuatan riba yang hukumnya haram. Sebagian orang menyebut bunga dari deposito hukumnya haram karena sifatnya yang tak mau rugi. Nasabah hanya menyetorkan sejumlah uang dan setiap bulan mendapatkan laba secara rutin tanpa perlu bekerja keras. Semakin besar uang yang disimpan dalam bentuk deposito maka semakin besar penghasilan setiap bulan.

Bagi kamu yang beragama Islam dan ingin melaksanakan islam secara kaffah maka kamu bisa memilih deposito di bank syariah. Dalam hal ini dijamin keberkahan dan kehalalannya karena uang deposito yang kamu simpan di perbankan syariah akan disalurkan pada sektor usaha yang produktif dan halal.

Dengan uraian di atas kamu dapat memahami bahwa pengertian deposito adalah suatu simpanan uang di bank yang tak dapat diambil sewaktu-waktu. Pengambilan deposito dapat dilakukan pada saat jatuh tempo. Yang bisa diambil adalah bunganya.

5 / 5. 778