4 Jenis Investasi Terbaik

4 Jenis Investasi Terbaik dengan Keuntungan Besar

Jenis investasi terdiri dari berbagai macam yakni investasi deposito, investasi tanah, investasi emas, investasi properti, investasi bisnis dan investasi saham. Dari kesemua itu manakah yang termasuk macam investasi aman dan menguntungkan? Untuk mengetahui semua itu, pada pagi hari yang cerah sekarang ini, penulis akan menjelaskannya secara lengkap dan satu persatu.

Menabung adalah salah satu jenis investasi. Mengapa disebut demikian? Karena dengan menabung, seseorang dapat menghemat keuangan dan bisa menggunakan uang tabungan itu untuk dijadikan investasi pada masa depan. Misalkan investasi dalam bentuk saham, bisnis, properti, tanah, rumah, deposito, emas dan jenis investasi lainnya.

Berapa banyak orang yang menghabiskan uangnya sehingga mereka tak bisa investasi. Dengan menabung, seseorang dapat memuluskan dirinya menjadi kaya raya. Uang tabungan itu bisa dijadikan nantinya sebagai bentuk investasi. Untuk menabung uang ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh seseorang yakni dengan menyimpan uang di bank dalam bentuk rekening tabungan maupun menyimpan uang di rumah.

Sebagian pihak menilai menabung uang di bank atau di rumah bukanlah suatu jenis investasi. Hal ini dikarenakan nilai uang yang ditabung akan menyusut nilainya seiring dengan laju inflasi. Uang seratus ribu sekarang ini akan berbeda dengan nilai uang seratus ribu di masa depan. Itu semua disebabkan laju inflasi. Yang dapat mengimbangi laju inflasi adalah deposito.

4 Jenis Investasi Terbaik dengan Keuntungan Besar

4 Jenis Investasi Terbaik

Semua orang perlu melakukan investasi keuangan. Hal ini seiring dengan biaya hidup yang sangat mahal akhir-akhir ini. Akan berbeda antara seorang yang berinvestasi sejak muda dengan orang yang tak melakukan investasi. Beberapa orang yang tak melakukan investasi di masa mudanya maka ketika tua, ia hidup miskin. Sebaliknya, orang yang sudah investasi sejak muda maka ketika masa tua, ia bisa hidup lebih mapan dan sejahtera.

Selain investasi dalam bentuk deposito, ada banyak investasi lainnya yang dapat memberikan keuntungan lebih besar dari sekedar investasi deposito. Contohnya investasi emas. Jenis investasi ini sangat aman dilakukan dan dapat mengimbangi laju inflasi yang terjadi pada suatu negara. Kamu bisa membeli emas dan kemudian menjual emas pada saat harganya naik untuk mendapatkan keuntungan.

1. Jenis Investasi : Deposito

Jenis Investasi Deposito

Investasi deposito adalah suatu investasi yang diperuntukkan bagi setiap orang atau perusahaan. Mereka yang mempunyai uang berlebih dapat menginvestasikan uangnya dalam sektor deposito. Untuk mulai investasi deposito sangat mudah. Kamu tinggal mendatangi langsung kantor bank terdekat. Bisa bank konvensional atau syariah. Bagi mereka yang ingin terjamin kehalalannya dapat melakukan deposito di bank syariah. Contohnya: Bank Mandiri Syariah, Bank Muamalat, Bank BJB Syariah, Bank Mega Syariah, dan lain-lain.

Deposito disebut juga sebagai investasi berjangka. Kamu bisa memilih jangka waktu untuk pembagian laba. Kamu bisa memilih jangka watu deposito satu bulan, tiga bulan, satu tahun dan lima tahun. Semua itu tergantung kebutuhan kamu. Semakin lama jangka waktu yang diambil akan semakin besar keuntungan bunga deposito yang kamu dapatkan.

Selama penulis berinvestasi dalam sektor deposito tak mendapatkan kerugian. Bahkan yang didapatkan keuntungan dan keuntungan setiap bulan dari bunga deposito. Kamu bisa mulai investasi deposito dengan modal uang sebesar Rp 20 juta dan seterusnya. Semakin besar uang yang kamu simpan dalam bentuk deposito maka semakin besar keuntungannya.

Namun yang paling merugikan investasi deposito adalah saat kamu mau mengambil uang pada saat deposito belum jatuh tempo. Kamu akan dikenai sanksi denda berupa 5 persen dari total nominal uang deposito kamu. Oleh sebab itu, sebelum memilih jenis investasi ini pastikan uang yang kamu simpan dalam keadaan tak terlalu dibutuhkan dalam waktu singkat atau uang menganggur.

Deposito adalah investasi yang memberikan keuntungan lebih besar dari menabung. Selain itu, resiko kerugian sangat kecil. Apalagi LPS sebagai Lembaga Penjamin Simpanan resmi yang menjamin simpanan deposito setiap warga negara Indonesia di bank-bank. 

2. Jenis Investasi : Properti

Jenis Investasi Properti

Investasi properti digadang-gadang disebut jenis investasi yang sangat menguntungkan. Karena properti nilainya semakin tinggi dari hari ke hari. Bentuk investasi ini bisa berupa investasi tanah maupun investasi rumah. Caranya gampang sekali. Kamu tinggal membeli tanah atau rumah di daerah strategis. Lalu dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

3. Jenis Investasi : Saham

Jenis Investasi Saham

Saham adalah jenis investasi yang layak kamu pertimbangkan. Karena investasi ini sangat populer di dunia dan mampu menghasilkan orang-orang kaya baru di dunia. Caranya sangat mudah, kamu tinggal membeli saham suatu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dengan membeli saham suatu perusahaan di Bursa Efek berarti kamu akan mendapatkan laba dari deviden dan kapital gain.

Investasi saham merupakan jenis investasi likuid yang mudah dicairkan menjadi uang kapan pun dan dimanapun. Hal ini sama seperti invest emas yang mudah dicairkan atau likuid. Kamu tinggal mendaftarkan diri ke perusahaan sekuritas yang resmi.

4. Jenis Investasi : Reksadana

Jenis Investasi Reksadana

Investasi dalam sektor reksadana sudah diatur dalam undang-undang nomor 8 tahun 1995. Dijelaskan reksadana adalah suatu sarana yang dipakai oleh manajer investasi dalam mengumpulkan modal dari masyarakat secara luas. Modal bersama tersebut kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk disetorkan dalam usaha produktif. Misalkan saham, obligasi, pasar uang dll.

Untuk membuka investasi reksadana bisa dimulai dengan uang Rp 100 ribu. Hal ini sama seperti saham yang investasinya dapat dimulai dengan modal kecil. Mengambil produk reksadana berarti kamu investasi dalam jangka panjang. Namun investasi ini lebih aman ketimbang saham. Berikut ini beberapa jenis investasi reksadana yaitu reksadana pasar uang, obligasi dan reksadana saham.

Manfaat Investasi Bagi Keuangan

Jenis Investasi Saham - Manfaat

Dengan berinvestasi akan ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh buat diri sendiri maupun orang lain. Dengan investasi, kamu akan memperoleh pendapatan tambahan tanpa perlu repot bekerja. Misalkan kamu investasi deposito atau emas maka kamu bisa mendapatkan keuntungan setiap bulannya.

Investasi adalah suatu penanaman modal keuangan untuk dimanfaatkan supaya kamu dapat memperoleh laba dari hasil investasi tersebut. Ada beberapa jenis investasi menurut waktu yakni investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Namun umumnya, investasi bersifat jangka panjang untuk meraup untung lebih besar.

Waktu Berinvestasi yang Tepat

Jenis Investasi Saham - Waktu yang Tepat

Ditanya mengenai waktu berinvestasi yang tepat adalah saat ini. Semakin cepat kamu berinvestasi maka semakin bagus keuangan kamu di masa depan. Pendapatan bulanan akan lebih tinggi. Namun bagi orang awam seringkali mendapatkan kesulitan terhadap investasi yang akan dilakukannya. Jenis investasi manakah yang paling aman dan menguntungkan?

Investasi merupakan salah satu pendidikan finansial yang perlu dipelajari setiap orang. Kalau bisa sejak dini seseorang belajar investasi. Namun sayangnya, di Indonesia mata pelajaran investasi tidak diajarkan sejak dini di bangku sekolah. Sehingga banyak orang yang buta terhadap cara dan bagaimana cara investasi yang mudah dan menjanjikan.

Selain mendapatkan pendapatan tambahan dengan investasi, manfaat investasi lainnya adalah melindungi semua aset kamu dari laju inflasi yang mengancam setiap saat. Kamu tidak mau tentunya jika aset kamu menurun nilainya secara gratis.

Demikianlah jenis investasi yang bisa kamu lakukan saat ini beserta manfaatnya. Pastikan kamu memilih investasi sesuai kemampuan dan modal modal keuangan yang kamu miliki.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 878

No votes so far! Be the first to rate this post.

Scroll to Top