3 Cara Investasi Saham

3 Cara Investasi Saham Untuk Pemula

Investasi saham merupakan salah satu kegiatan positif yang sekarang ini sedang populer di kalangan masyarakat umum dan para selebritis. Hal ini seiring dengan edukasi yang terus digembar-gemborkan oleh pemerintah tentang pentingnya investasi. Salah satunya investasi dalam sektor saham yang bisa dimulai dengan modal uang Rp 100 ribu.

Investasi saham banyak dipilih orang, biasanya dilakukan oleh orang yang sudah paham mengenai arti penting sebuah investasi. Dari sekian banyak jenis investasi, mereka memilih investasi surat berharga ini dengan beragam keuntungan. Keuntungan investasi ini terbilang sangat mudah dilakukan, dan potensi laba besar diraih singkat sangat besar menjadi daya tarik tersendiri.

Investasi saham adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan uang. Uang yang selama ini terpendam dalam buku tabungan dan deposito terasa kurang positif. Karena nilai uang bersifat tetap dan pertumbuhan hanya kecil tak sebanding dengan laju tingkat inflasi. Di sinilah pentingnya investasi saham supaya uang kamu dapat tumbuh besar melebihi laju inflasi.

Siapakah yang belum mengenal investasi saham? Saham sudah dibahas pada mata pelajaran ilmu ekonomi dan IPS di bangku sekolah dasar, SMP dan SMA. Bagi kamu yang sedang kuliah mengambil jurusan fakultas ekonomi pastinya sudah tak asing lagi mendengar istilah saham.

Saat ini istilah saham sudah sangat populer di kalangan masyarakat luas. Terutama di kalangan kawula muda yang melek finansial. Sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai berinvestasi saham dengan modal kecil. Sebagian lagi sudah bermain saham sejak lama. Namun mayoritas masih banyak orang yang belum main saham. Mereka baru belajar memahami saham, seluk beluk, cara kerja, biaya investasi saham dan bagaimana alur investasinya.

Beli Saham Online

Investasi Saham - Beli Saham Online

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mempengaruhi seluruh sendi kehidupan masyarakat. Teknologi masuk ke dunia pendidikan hingga melahirkan pendidikan online dan munculnya beragam situs belajar saham online. Dan teknologi juga memasuki bidang investasi saham hingga melahirkan suatu terobosan baru yakni beli saham dapat dilakukan secara online.

Sekarang semua transaksi jual dan beli saham dapat dilakukan di internet. Saat ini dimudahkan dalam investasi saham. Kamu tak usah mendatangi langsung perusahaan sekuritas karena layanan investasi surat berharga ini dapat dilakukan secara streaming lewat koneksi internet. Cara ini terbilang sangat mudah dan menghemat waktu dan biaya.

Banyak orang yang memilih untuk investasi saham dengan melakukan beli saham secara online. Hal itu tak terlepas dari embel-embel keuntungan besar yang bisa mereka dapatkan. Namun untuk sukses dalam berinvestasi saham tidak semudah apa yang dikatakan. Beberapa pemula pastinya merasakan kesulitan di awal investasi.

Seorang pemula perlu membekali diri dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan supaya dapat berhasil untung besar dari investasi saham. Langkah pertama adalah mempersiapkan peralatan yang ada seperti smartphone untuk alat pembelian saham secara online, koneksi internet, aplikasi yang biasanya diberikan oleh perusahaan broker saham, dan pembukaan rekening efek serta memilih perusahaan sekuritas yang aman dan terpercaya.

3 Cara Investasi Saham yang Aman Khusus Pemula

3 Cara Investasi Saham

Salah satu yang dicari investor dari kegiatan investasi saham adalah memperoleh keuntungan atau laba. Untuk mendapatkan laba yang maksimal dari saham diperlukan keterampilan dan teknik strategi yang jitu. Berikut ini beberapa strategi yang cukup jitu untuk menghasilkan profit besar dari investasi ini di pasar modal, antara lain:

1. Jangan Menaruh Investasi Saham di Satu Perusahaan

Investasi Saham - Satu Perusahaan

Istilah ini sangat populer dalam dunia investasi. Yang artinya jangan pernah menyimpan telur di tempat yang sama. Ada banyak perusahaan yang landing di bursa saham. Pastikan kamu membeli saham perusahaan yang sangat prospektif dengan melihat laporan keuangan atau kinerja mereka dalam mengembangkan usaha.

Dengan menyebarkan investasi saham atau diversifikasi investasi di beberapa perusahaan maka kamu akan bisa terhindar dari kerugian jika nilai saham perusahaan menurun. Karena kamu bisa mengandalkan keuntungan investasi dari perusahaan yang lain. Pilihan saham perusahaan yang bagus sangat bnyak. Salah satu jenis saham yang sangat prospektif atau potensial adalah saham perusahaan energi, konsumsi, atau perbankan yang sering disebut saham bluechip.

2. Menentukan Jangka Waktu Investasi

Investasi Saham - Jangka Waktu Invest

Untuk menanamkan uang pada investasi berbentuk saham diperlukan perencanaan matang. Kamu bisa memilih tujuan investasi saham. Tujuannya adalah mendapatkan laba. Ada dua jenis laba yang dapat diperoleh dari investasi surat berharga ini yakni laba dari capital gain dan dividen. Sekarang kamu dapat memilih keuntungan saham manakah yang kamu inginkan?

Jika kamu menginginkan keuntungan saham dari dividen maka posisi kamu sebagai investor murni. Dalam hal ini kamu memilih investasi jangka panjang. Kamu baru akan mendapatkan laba dari investasi ini setelah berjalan beberapa tahun. Semakin lama waktunya akan semakin besar keuntungan yang kamu dapatkan.

Adapun jika kamu memilih ingin mendapatkan profit investasi saham dari capital gain maka kamu memilih investasi jangka pendek. Keuntungan investasi jenis saham dapat diperoleh hari itu atau esok hari. Misalkan kamu membeli satu lot saham perusahaan, kemudian keesokan harinya menjualnya kembali melihat nilai saham yang menaik.

3. Menjaga Mental yang Benar

Investasi Saham - Punya Mental yang Baik

Untuk sukses investasi saham tidak hanya memerlukan kemahiran, pengalaman dan pengetahuan. Tapi juga memerlukan mental yang baik. Mungkin sebagai pemula, kamu mengalami kerugian pada awal investasi ini. Namun kamu jangan cepat menyerah. Teruslah belajar. Kegagalan dijadikan sebagai bahan pelajaran untuk lebih serius lagi belajar dan menghindari kesalahan serupa.

Keberhasilan dalam investasi saham tidaklah diraih dalam waktu singkat. Kamu memerlukan proses belajar dari latihan dan pengalaman. Kegagalan adalah sarana belajar yang efektif untuk menuju kesuksesan. Salah satu yang menjadi biang kegagalan bagi pemula dalam berinvestasi biasanya kurang teliti dalam memilih saham. Sebelum membeli saham, kamu hendaknya mengamati kondisi perusahaan dari segi performa dan keuangan.

Saran Bagi Pemula yang Ingin Berinvestasi Saham

Investasi Saham - Saran untuk Pemula

Untuk seorang pemula yang mencoba terjun dalam investasi saham pastinya akan kebingungan dalam memulai investasi saham. Yang diperlukan dalam investasi surat berharga ini adalah uang. Modal usaha untuk bermain saham sebesar Rp 100 ribu. Dengan uang sebesar ini, kamu sudah bisa membeli saham di pasar modal.

Untuk pemula sangat dianjurkan untuk memilih investasi saham dalam jangka panjang. Mengingat investasi saham dalam jangka pendek memiliki resiko kerugian sangat besar. Apalagi bagi seorang pemula yang masih belum banyak pengalaman, dan kurang menguasai teknik bermain saham yang baik dan benar serta menguntungkan.

Salah seorang kesalahan pemula dalam beli saham adalah membeli saham secara sembarangan tanpa melihat sejarah, asal usul dan kinerja perusahaan itu. Para investor saham yang sukses dan kaya raya adalah mereka yang meneliti perusahaan dulu dari luar dan dalam secara matang sebelum membeli saham perusahaan tersebut.

Seorang pemula biasanya ikut-ikutan dalam membeli saham. Ketika ada saham perusahaan yang sedang trend dan direkomendasikan banyak artis maka berbondong-bondong mereka membeli saham perusahaan tersebut. Dalam investasi saham yang untungnya gede tak bisa dilakukan dengan cara itu. Semua hanya bisa dilakukan secara real di lapangan. Dengan cara melihat kinerja keuangan, indeks saham, kinerja pelayanan, performa pemasaran, dan banyaknya jaringan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 998

No votes so far! Be the first to rate this post.

Scroll to Top