2 Cara Terbaru Investasi Properti dan Kelebihannya

Investasi properti adalah salah satu jenis investasi yang paling banyak digandrungi orang. Peluang investasi ini masih terbuka luas sampai sekarang ini. Banyak orang kaya dari jenis investasi ini dan termasuk investasi yang paling banyak melahirkan orang-orang terkaya di dunia. Kamu bisa melihat beberapa pria terkaya di dunia bisa sukses berkat investasi rumah atau tanah.

Salah satu penulis buku perencanaan keuangan terbaik di dunia bernama Robert Kiyosaki telah menulis buku Rich Dad Poor Dad. Dalam bukunya itu tercantum bahwa untuk menjadi kaya, ada dua pilihan profesi yakni menjadi seorang pebisnis dan investor. Mayoritas orang kaya lahir dari profesi ini. Sedangkan orang yang biasa saja kebanyakan berprofesi sebagai karyawan dan wirausaha mandiri.

Seseorang bisa dengan bebas memilih berbagai jenis investasi. Namun bagi pemula sangat dianjurkan untuk memilih salah satunya. Karena teknik dan strategi sukses di setiap jenis investasi berbeda-beda. Kamu bisa mengambil investasi lain sesudah kamu sukses berinvestasi pada satu bidang investasi.

Investasi properti yang meliputi investasi tanah dan rumah merupakan investasi aman dan menguntungkan. Mengapa disebut demikian? Karena harga properti rumah dan tanah yang mengalami kenaikan setiap tahunnya. Coba kamu cek sendiri berapa harga tanah di daerah kamu sekarang dengan beberapa tahun lalu? Pastinya harga sekarang lebih mahal bahkan meningkat tajam sampai berpuluh kali lipat dari tahun lalu.

Mengenal Investasi Properti

Mengenal Investasi Properti

Sebelum membahas bagaimana cara investasi properti murah meriah dengan modal kecil, kita mulai dulu dengan pengenalan apa itu investasi properti. Investasi properti adalah suatu investasi yang bergerak dalam bidang tanah dan rumah. Ia bisa dalam bentuk bisnis jual beli tanah dan rumah yang baru maupun bekas.

Investasi properti menjadi investasi yang terbanyak dibeli orang. Karena setiap orang pastinya membutuhkan rumah dan tanah sebagai tempat berpijak dan tempat tinggal. Namun sayangnya, harga tanah dan rumah tidak seperti harga makanan dan minuman yang dijual di pasaran dengan harga ribuan atau puluhan ribu. Harga rumah dan tanah mencapai puluhan juta rupiah hingga milyaran rupiah.

Sejarah investasi properti sudah dilakukan sejak lama. Pada jaman dahulu, orang berlomba-lomba dalam membeli tanah dan rumah. Mereka menganggap membeli tanah dan rumah sebagai sarana investasi yang menguntunkan dan aman. Rumah bisa ditinggali. Sedangkan tanah bisa dijadikan ladang usaha dengan bercocok tanam.

Investasi properti sangat berbeda dengan investasi reksadana atau saham yang berupa lembaran surat berharga. Investasi tanah mempunyai wujud yang jelas. Berbeda dengan investasi saham dan reksadana serta obligasi yang virtual berupa surat bukti saja. Sehingga investasi dalam sektor tanah dan rumah memberikan jaminan ketenangan dan rasa nyaman.

Keuntungan Investasi Properti

Keuntungan Investasi Properti

Properti rumah dan tanah merupakan barang berharga yang memiliki nilai jual sangat tinggi. Seseorang bisa melakoni investasi properti dengan cara menjadi seorang pedagang properti atau investor properti. Untuk menjadi pedagang properti sangat menjanjikan untung besar. Tugasnya membeli rumah dengan harga murah. Kemudian merenovasi rumah hingga mempunyai harga jual lebih tinggi di pasaran.

Namun bagi kamu yang tertarik menjadi seorang investor rumah maka usaha ini juga tak kalah menjanjikan. Kamu bisa membeli rumah kemudian menyewakannya kepada orang yang membutuhkannya seperti kalangan karyawan atau mahasiswa. Dari usaha sewa rumah kontrakan itu, kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif secara bulanan. Semakin banyak investasi rumah dan tanah yang kamu lakukan maka penghasilan pasif akan semakin besar.

Apa itu penghasilan pasif? Penghasilan pasif adalah suatu pendapatan uang yang kamu terima tanpa perlu kamu bekerja. Biasanya penghasilan pasif didapatkan dari hasil royalti buku, novel, karya, atau bisa juga dari bunga deposito ataupun juga dari hasil sewa rumah atau investasi propeti. Lalu seberapa besar keuntungan dari investasi properti? Inilah yang menjadi bahasan selanjutnya.

Kelebihan Investasi Properti

Kelebihan Investasi Properti

Kelebihan investasi properti terdapat pada beberapa aspek atau bagian. Untuk lebih lengkap, berikut ini kelebihan investasi properti yang penulis rangkum dari sumber terpercaya, antara lain:

1. Harga Stabil dan Cenderung Naik

Investasi Properti - Harga Stabil dan Cenderung Naik

Harga properti rumah dan tanah terus mengalami kenaikan harga yang sangat pesat. Apalagi di kawasan strategis yang padat dengan jumlah penduduk. Kenaikannya bisa dua kali lipat pertahun. Hingga membuat properti menjadi barang mahal sekali. Yang membuat mahal harga tanah dan rumah adalah sifatnya yang terbatas.

2. Minim Resiko Kerugian

Investasi Properti - Minim Resiko Kerugian

Investasi rumah dan tanah juga sangat minim resiko kerugian. Ketika harga tanah dan rumah mengalami penurunan harga maka kamu bisa menunggunya sampai harga tanah dan rumah meningkat lagi. Penurunan harga tanah dan rumah hanya sesaat. Dan setelah itu akan berlangsung kenaikan harga tanah dan rumah yang semakin terbatas di dunia.

3. Pasif Income

Investasi Properti - Pasif Income

Rumah dan tanah bisa dijadikan aset yang mampu menghasilkan pendapatan pasif. Misalkan rumah atau tanah disewakan. Kemudian kamu bisa merenovasi dan menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi dari harga beli.

2 Cara Investasi Properti

2 Cara Investasi Properti

Berikut ini cara investasi properti bagi siapapun yang berminat untuk terjun ke dalam investasi ini, antara lain:

1. Properti untuk Disewakan

Investasi Properti untuk Disewakan

Kamu bisa membeli properti rumah atau tanah dengan tujuan disewakan. Hal ini akan memberikan kamu penghasilan pasif. Kamu tidak usah lagi bekerja keras dalam mendapatkan uang. Kamu hanya bekerja sekali dalam memperbaiki atau membangun rumah atau tanah, dan selanjutnya adalah uang mengalir dalam bentuk uang sewa. Bisnis properti termasuk investasi jangka panjang.

Setelah kamu mempunyai uang hasil keuntungan dari sewa properti berikutnya menyisihkan sebagian profit tersebut untuk biaya perawatan dan perbaikan rumah di masa depan. Untuk memulai investasi properti ini memerlukan modal besar. Misalkan membangun rumah kontrakan membutuhkan modal uang sampai ratusan juta rupiah. Cara mendapatkan modal untuk investasi properti membangun rumah sewa sangat mudah. Kamu bisa menggunakan tabungan di bank atau dengan meminjam uang di sanak kerabat.

2. Usaha Flip Properti

Investasi Properti - Usaha Flip Properti

Bagi kamu yang ingin investasi properti dalam waktu singkat keuntungannya maka kamu bisa melakukan bisnis flip properti. Bisnis ini adalah membeli rumah atau tanah dengan harga lebih murah. Kemudian kamu menjual kembali dengan harga lebih tinggi sesuai pasaran. Lalu apakah ada orang yang mau menjual tanah dan rumah dengan harga lebih murah dari harga pasaran? Tentu saja ada. Biasanya mereka yang kepepet atau butuh uang cepat untuk kebutuhan pengobatan atau kebutuhan mendesak lainnya.

Untuk properti rumah, kamu bisa merenovasinya terlebih dahulu. Dengan mempercantik rumah sehingga harga jual bisa lebih tinggi. Selisih dari harga jual dan harga beli rumah dinamakan laba dari bisnis properti. Investasi properti ini menjadikan kamu sebagai pedagang properti. Untuk memasarkan rumah atau tanah yang kamu jual bisa memanfaatkan media sosial, blog atau website.

Contoh kasus investasi properti sistim flip. Kamu melihat iklan rumah yang dijual dengan harga murah sebesar Rp 300 juta. Padahal harga rumah itu sesuai pasaran sebesar Rp 500 juta. Kamu membeli rumah itu. Lalu menjualnya kembali di internet dengan harga dibawah pasar sebesar Rp 400 juta. Dalam hal ini, kamu mendapatkan untung sebesar Rp 100 juta dalam waktu singkat dari investasi properti ini.

5 / 5. 977

Baca Juga  3 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Populer