3 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Populer

Investasi jangka panjang memegang peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. Sangat mungkin kamu mengambil investasi jangka pendek dan itu biasanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam waktu sebentar. Tapi dengan berinvestasi jangka panjang akan memenuhi kebutuhan di hari tua dan menentukan makmur tidaknya seseorang di masa depan atau hari tua.

Investasi adalah satu kegiatan untuk menambahkan kekayaan. Manusia cenderung menyukai kegiatan ini yang menghasilkan uang. Salah satu jenis investasi yang banyak digunakan orang kaya adalah investasi jangka panjang. Investasi ini akan memberikan profit yang lebih besar di hari tua. Orang kaya adalah mereka yang melakukan investasi jangka pendek dan jangka panjang.

Manfaat Investasi

Investasi Jangka Panjang - Manfaat

Ada sejumlah manfaat melakukan investasi jangka panjang. Yang utama adalah menambah kekayaan dan melindungi harta benda dari berkurang nilainya karena laju inflasi. Tak aneh jika mayoritas orang kaya mereka yang suka berinvestasi. Misalkan berinvestasi properti, investasi tanah, rumah, bisnis, saham, reksadana, emas dan lain-lain. Dengan investasi juga berarti kamu akan mendapatkan tambahan penghasilan yang sifatnya pasif.

Jika kamu ingin kaya maka kamu hendaknya berinvestasi. Investasi adalah suatu kegiatan yang tak bisa disepelekan lagi. Aktifitas ini wajib dilakukan setiap orang yang ingin menambah penghasilan. Masyarakat yang berpendidikan biasanya sudah mengerti arti pentingnya investasi. Namun masih ada juga masyarakat yang belum tahu arti penting investasi.

Macam-macam investasi yang bisa dilakukan semua orang sangat beragam. Dari mulai investasi modal kecil, modal sedang sampai modal besar. Kemudian ada juga investasi jangka pendek dan jangka panjang.

Kelebihan Investasi Jangka Panjang

Investasi Jangka Panjang - Kelebihan

Apa itu investasi jangka panjang? Investasi dengan jangka waktu yang panjang menurut Investopedia adalah suatu pemberian modal uang untuk digunakan menumbuhkan kekayaan baru dalam kurun periode panjang. Sebagai patokan investasi berjangka panjang di kisaran lebih dari 1 tahun. Hal ini berbanding terbalik dengan investasi jangka pendek yang kurang dari satu tahun.

Investasi dengan jangka waktu panjang memiliki perbedaan yang mendasar dengan investasi jangka pendek. Berikut ini beberapa ciri investasi jangka panjang yang membuatnya berbeda dengan investasi jangka pendek, antara lain:

1. Keuntungan Lebih Besar

Investasi Jangka Panjang - Keuntungan Lebih Besar

Investasi jangka panjang akan memberikan keuntungan lebih besar ketimbang investasi jangka pendek. Contohnya saja jika kamu mengambil deposito dengan kurun waktu sebulan dan satu tahun maka yang paling memberikan keuntungan besar adalah deposito dengan jangka waktu yang lebih panjang.

2. Jangka Waktu

Investasi Jangka Panjang - Jangka Waktu

Investasi jangka panjang adalah sebuah investasi yang berlangsung sangat lama dikisaran lebih dari satu tahun untuk mendapatkan profit. Jika investasi itu berjalan kurang dari satu tahun maka dimasukkan ke dalam investasi jangka pendek

3. Butuh Kesabaran

Investasi Jangka Panjang - Butuh Kesabaran

Investasi jangka panjang yang lebih dari satu tahun memerlukan kesabaran dari investornya untuk menikmati keuntungan investasinya. Karena laba akan diberikan setelah melewati waktu bertahun-tahun.

Apalah jadinya jika terdapat satu orang yang tak melakukan investasi berjangka panjang dan mereka yang melakukannya. Perbedaannya akan sangat mencolok bukan pada masa sekarang. Tapi masa depan. Yang satu adalah mereka yang hidupnya sudah berinvestasi jangka panjang maka akan hidup makmur dan sejahtera. Ia menikmati hasil investasi ketika ia sudah tua. Sedangkan orang yang tak melakukan investasi jangka panjang maka hidupnya di hari tua akan sengsara. Ia dipaksa kerja di saat tuanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Setelah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi jangka panjang maka pilihan berikutnya adalah terserah kamu. Yang lebih baik kamu mengkombinasikan investasi jangka pendek dengan investasi berjangka waktu panjang. Sehingga kamu tak terlalu menunggu waktu lama untuk mendapatkan laba dan bisa memenuhi kebutuhan finansial dalam masa pendek dan panjang.

Maksud dan Tujuan Investasi Jangka Panjang

Investasi Jangka Panjang - Maksud dan Tujuan

Sumber: www.quora.com

Sangat penting bagi kamu untuk mengambil investasi jangka panjang dengan maksud sebagai berikut, antara lain:

  1. Memperoleh pendapatan pasif secara rutin. Misalkan kamu mendapatkan bunga bank atau bagi hasil dari investasi deposito dalam jangka waktu dua tahun. Kamu juga bisa mendapatkan deviden dari saham yang investasinya untuk masa panjang
  2. Menambah dana khusus. Bunga bank atau deviden yang kamu dapatkan dapat kamu tambahkan sebagai biaya dana darurat . Atau kamu mengambil investasi jangka panjang untuk menjamin ketersediaan dana pensiun, pendidikan anak dll
  3. Memperkecil resiko. Dengan adanya investasi jangka panjang maka resiko miskin atau bangkrut dapat dihindari. Karena kamu akan mendapatkan retun besar dari investasi jangka panjang tersebut

3 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Populer

3 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Populer

Investasi jangka panjang tersedia dalam berbagai bentuk. Berikut ini beberapa jenis investasi jangka panjang, antara lain:

1. Investasi Emas

Investasi Jangka Panjang - Investasi Emas

Investasi emas adalah investasi yang aman dan menguntungkan serta menjanjikan. Yang membuat demikian, sebab harga emas yang terus mengalami kenaikan. Orang-orang kaya dahulu menjadikan emas sebagai instrumen investasi. Begitu pula jaman sekarang, emas menjadi alat investasi favorit yang banyak disukai orang.

Ada beberapa kelebihan dari investasi jangka panjang emas. Sifatnya yang likuid membuat investasi ini disukai orang. Kamu dapat mencairkan emas menjadi uang tunai dalam waktu singkat. Jika kamu mengambil investasi emas maka untuk mendapatkan keuntungan maksimal hendaknya kamu menunggu waktu beberapa tahun. Setelah lima tahun atau lebih maka kamu dapat menjual emas dengan harga yang lebih tinggi.

Emas adalah investasi yang tingkat kerugian sangat minim. Hampir tak mungkin seseorang investasi emas menjadi rugi. Justeru sepanjang sejarah manusia, orang yang investasi emas selalu untung. Selain dilambangkan sebagai orang bangsawan dan kaya raya, orang yang mengenakan emas sangat dihormati orang. Berikut ini beberapa emas yang dapat dijadikan investasi yakni koin emas, emas batangan dan emas perhiasan.

2. Investasi Saham

Investasi Jangka Panjang - Investasi Saham

Investasi saham termasuk investasi jangka panjang. Karena yang menjadi tujuan kamu adalah mendapatkan deviden dan kapital gain. Keuntungan itu akan maksimal diperoleh jika sudah melewati waktu lebih dari satu tahun.

Keunggulan investasi ini dari segi likuiditas sangat tinggi. Saham seperti investasi emas yang dapat dijual menjadi uang tunai secara cepat. Hal lain yang menarik dari saham adalah saham dapat didiversifikasi. Kemudian kamu bisa menjadi investor kelas dunia dengan membeli saham beberapa perusahaan ternama dunia.

3. Investasi Properti

Investasi Jangka Panjang - Investasi Properti

Investasi properti sudah banyak orang paham yang termasuk investasi jangka panjang. Kamu akan menikmati profit maksimal setelah melewati beberapa tahun. Contohnya rumah yang ditempati oleh penulis. Beberapa tahun lalu, rumah ini dibeli seharga Rp 10 juta. Namun kini harganya menjadi satu milyar rupiah setelah melewati 40 tahun. Kenaikan harga properti pertahun sebesar 20 persen. Keuntungan ini melebihi bunga deposito.

Yang menjadi kelebihan investasi ini, kamu dapat memperoleh kapital gain dengan menjualnya dengan harga terbaru yang lebih tinggi. Kemudian kamu juga bisa menyewakan rumah untuk dapat penghasilan pasif. Akan tetapi terdapat kelemahan investasi ini. Adapun yang jadi kelemahan investasi ini adalah biaya modal awal yang sangat tinggi. Mengingat harga rumah dan tanah sangat mahal.

Penutup

Investasi Jangka Panjang - Penutup

Demikianlah beberapa macam investasi jangka panjang. Investasi ini sangat bagus dipergunakan oleh pemula dengan tingkat resiko kerugian sangat rendah. Sebenarnya masih banyak jenis investasi berjangka panjang lainnya. Seperti obligasi dan reksadana. Untuk mendapatkan hasil optimal dari investasi ini, yang kamu harus lakukan adalah menerapkan strategi. Berikut ini salah satu strategi investasi jangka panjang yakni memilih investasi jangka waktu yang lama yang paling kamu sukai dan kuasai.

5 / 5. 933