Cara Investasi Emas Agar Untung di Tengah Covid-19

Investasi emas menjadi salah satu investasi yang layak kamu pertimbangkan di saat kondisi ekonomi yang tak menentu di negara Indonesia. Emas merupakan logam mulia yang menjadi simbol orang-orang kaya dan kalangan bangsawan. Emas saat ini bukan hanya sekedar perhiasan. Namun sudah menjadi komoditi perdagangan yang diperjualbelikan secara offline atau online.

Jika berkaitan dengan emas, banyak hal yang orang pikirkan dengannya. Emas lambang orang bangsawan. Emas lambang kemakmuran dan kekayaan. Namun banyak orang yang lupa bahwa emas juga berkaitan dengan investasi. Banyak orang yang menginvestasikan uang pada emas. Mengingat harga emas yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya seiring laju inflasi.

Di tengah jaman modern sekarang ini untuk investasi sangat dimudahkan dengan layanan yang ada. Berbagai lembaga yang menyediakan investasi emas berlomba-lomba menarik semakin banyak pembeli dengan beragam cara. Misalkan lembaga pegadaian yang menyediakan layanan menabung emas, mencicil emas dll. Kemudian investasi ini dapat dilakukan secara online melalui marketplace Shopee, Tokopedia atau Bukalapak.

Kelebihan Investasi Emas

Kelebihan Investasi Emas

Investasi logam mulia mempunyai banyak kelebihan dibandingkan jenis investasi yang lain. Seperti investasi saham, reksadana, obligasi, dan properti. Berikut ini kelebihan investasi emas dari awal sampai akhir, antara lain:

  1. Resiko Rugi yang Sangat Rendah

Resiko Investasi Emas Rendah

Jika kamu memilih investasi ini maka kamu sudah berada di jenis investasi yang menguntungkan dan tepat. Karena nilai emas yang terus mengalami kenaikan. Harga emas cenderung naik sehingga akan memberikan keuntungan ketika kamu menjualnya kembali di masa mendatang. Investasi emas memiliki resiko untung terus dan tak pernah rugi.

  1. Mengikuti Laju Inflasi

Laju Inflasi Investasi Emas

Inflasi yang melanda negara setiap tahunnya mengakibatkan nilai uang semakin mengecil. Dibutuhkan suatu investasi yang bisa melampaui laju inflasi tersebut. Salah satunya dengan investasi pada emas. Nilai uang yang kamu tanamkan pada emas tidak akan berkurang bahkan bertambah sesuai laju inflasi.

  1. Likuiditas Baik

Investasi Emas - Likuiditas Baik

Investasi emas juga tak merugikan karena sifatnya yang likuid. Dalam arti, emas dapat dicairkan langsung menjadi uang tunai. Dengan cara menjualnya kembali ke toko emas permanen atau keliling. Tentu lebih bagus menjual emas ke toko emas yang memberikan harga tertinggi tanpa potongan.

  1. Aman

Investasi Emas Aman

Salah satu yang dipertimbangkan oleh investor sebelum investasi adalah memikirkan segi keamanan. Investasi emas terbilang investasi yang paling aman di dunia.

  1. Kenaikan Berlangsung Sepanjang Masa

Investasi Emas - Pertumbuhan Emas

Kenaikan harga emas berlangsung terus menerus dari dahulu sampai sekarang ini. Tak rugi kamu untuk memulai investasi emas. Untuk cara mulainya kamu bisa membeli emas batangan atau perhiasan. Kemudian disimpan beberapa tahun hingga harganya mengalami kenaikan tinggi.

Investasi emas disebut investasi jangka panjang. Kamu bisa menghasilkan keuntungan besar dari investasi ini setelah memakan waktu beberapa tahun. Semakin panjang jangka waktu investasi maka semakin besar juga keuntungan investasi logam mulia atau emas yang kamu dapatkan.

Di tengah keuntungan investasi emas di atas itu terdapat kerugiannya. Mengingat harga emas mahal pergramnya sehingga hanya orang berduit yang bisa investasi emas. Itulah penjelasan keuntungan dan kerugian dalam investasi ini.

Cara Investasi Emas Agar Untung

Cara Investasi Emas Agar Untung

Berikut ini cara investasi emas bagi pemula supaya dapat untung gede, antara lain:

  1. Menentukan Tujuan dalam Berinvestasi Emas

Menentukan Tujuan Investasi Emas

Kamu bisa menentukan tujuan terlebih dahulu sebelum investasi emas. Tujuan apa yang membuat kamu akan investasi logam mulia. Contohnya : kamu ingin membeli mobil baru dalam waktu 10 tahun ke depan, atau kamu akan menunaikan ibadah haji yang memerlukan tambahan keuangan, atau kamu akan membiayai anak sekolah.

Itulah beberapa tujuan yang mungkin ditetapkan orang di investasi emas. Setelah mengetahui arah tujuan selanjutnya menghitung berapa banyak kadar emas yang perlu diinvestasikan untuk mencapai tujuan itu. Emas dipercaya bisa membantu mewujudkan finansial seseorang karena harga emas yang terus naik.

  1. Melihat Kemampuan Keuangan

Investasi Emas - Kemampuan Keuangan

Setiap orang memiliki kemampuan keuangan berbeda-beda dalam investasi. Jika kamu mempunyai modal keuangan yang terbatas maka kamu bisa membeli emas yang harganya lebih murah atau beli beberapa gram saja. Namun jika kamu mempunyai uang berlebih maka kamu bisa investasi emas secara besar-besaran. Hal ini akan semakin besar keuntungan kamu dari investasi logam mulia. Contoh membeli emas batangan.

  1. Menentukan Jangka Waktu

Jangka Waktu Investasi Emas

Sebelum melakukan berinvestasi emas sebaiknya dilakukan penentuan jangka waktu investasi. Hal itu harus berdasarkan kebutuhan kamu. Adapun tujuannya bisa tujuan investasi logam mulia atau emas jangka panjang atau investasi jangka pendek. Umumnya investasi logam mulia atau emas adalah investasi jangka panjang. Misalkan dengan menunggu waktu lima tahun, investasi emas memberikan keuntungan yang maksimal.

  1. Perhitungan Matang

Investasi Emas dengan Perhitungan yang Matang

Mulai investasi emas gampang. Kamu tinggal membeli emas di toko emas atau produsen emas atau marketplace. Jenis emas investasi yang sangat populer adalah emas Antam dengan ciri khas merek Antam di logo emas itu. Pastikan sebelum investasi emas, semua kebutuhan sehari-hari kamu dan keluarga sudah terpenuhi secara baik.

  1. Memilih Waktu Terbaik

Memilih Waktu Terbaik Investasi Emas

Untuk berinvestasi emas sangat bagus apabila kamu menunggu saat yang tepat. Waktu yang tepat untuk beli emas ketika harga emas per gram mengalami penurunan yang tajam. Dengan demikian, saat harga emas mengalami kenaikan maka kamu bisa menjualnya untuk mengambil untung.

  1. Menentukan Jenis Emas

Investasi Emas - Menentukan Jenis Emas

Emas untuk investasi terdiri-dari dua macam yakni emas batangan seperti Antam. Kedua, emas perhiasan. Kedua jenis emas ini benar-benar dapat dijadikan sarana investasi. Ketika membelinya pada saat itu juga kamu untung. Dengan menunggu beberapa tahun, harga emas akan naik dan kamu bisa menjualnya untuk mendapatkan laba.

Namun jika kamu benar-benar membeli emas untuk investasi sangat disarankan untuk membeli emas batangan. Karena keuntungan yang diperoleh akan lebih besar ketimbang beli emas perhiasan. Emas perhiasan walaupun keuntungannya lebih kecil tapi dapat dipergunakan sebagai perhiasan menghadiri acara pesta pernikahan dan undangan keluarga.

Diatas merupakan beberapa cara investasi emas supaya langsung untung besar. Sebenarnya dalam berinvestasi jenis ini sama seperti jenis investasi lain. Kamu mesti secara rutin menyisihkan sedikit uang untuk berinvestasi emas. Yang membuat nilai investasi akan semakin besar dari bulan ke bulan.

Untuk investasi ini diperlukan uang yang menganggur atau uang lebih dari sisa hasil gaji kamu. Ketimbang kamu menggunakan uang sisa untuk berfoya-foya atau untuk keperluan konsumsi, alangkah lebih baik menggunakan uang lebih itu untuk sektor produktif. Semisal membeli emas batangan atau koin yang nilainya semakin tinggi setiap tahun.

Penipuan Emas

Penipuan Investasi Emas

Seiring dengan kemajuan jaman, beberapa pihak memanfaatkan situasi yang tak menentu ini dengan melakukan penipuan investasi bodong. Misalkan dengan uang yang dapat diubah menjadi emas. Namun ternyata setelah ditelusuri berita itu bohong. Beberapa pihak juga melakukan penipuan dengan menjual tembaga yang dipulas oleh cat emas kemudian disebut emas. Sehingga lahirlah istilah emas muda yang merupakan emas palsu atau imitasi.

Di dunia sendiri terdapat dua jenis emas yakni emas bodong dan emas resmi yang ditunjukkan dengan surat. Emas bodong memiliki harga yang lebih murah ketimbang harga emas asli. Emas ini tidak disertai dengan surat. Sedangkan emas resmi adalah emas yang disertai dengan surat keaslian dari toko tempat beli emas asalnya itu.

Untuk sukses investasi emas diperlukan pengetahuan yang dalam terhadap jenis emas yang memberikan laba lebih besar. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal dan menghindari keuntungan yang sedikit, lebih baik kamu mengadakan investasi lain disamping emas yang disebut diversifikasi investasi.

5 / 5. 998