Investasi Bitcoin: Kenali 8 Hal ini Sebelum Memulai

Investasi bitcoin menjadi salah satu jenis trading atau investasi yang populer di kalangan masyarakat jaman sekarang. Seiring dengan maraknya trading melalui perangkat, kegiatan berinvestasi pun semakin diminati oleh masyarakat.

Apa itu bitcoin? Bitcoin adalah mata uang digital yang memanfaatkan kecanggihan teknologi yang mampu memberikan kemudahan transaksi bagi penggunanya. Selain kemudahan, cara kerja bitcoin yang tidak memerlukan perantara pihak ketiga, seperti bank, juga memberi pengalaman baru pada transaksi keuangan. Dengan menggunakan bitcoin, biaya proses transaksi internasional tidak akan mengambil biaya pemrosesan dalam pengirimannya.

Dengan demikian, pernyataan bahwa inovasi mata uang digital yang menguntungkan penggunanya dapat menjelaskan apa itu bitcoin. Selain untuk transaksi, bitcoin juga populer di kalangan investor untuk melakukan investasi bitcoin yang dianggap menawarkan nilai keuntungan yang cukup tinggi. Pada tahun 2020 saja harga satu koin bitcoin sebesar 400 juta rupiah. Hal ini pun mampu menarik perhatian banyak orang yang ingin mulai berinvestasi.

Seputar Investasi Bitcoin

Investasi Bitcoin

Nama bitcoin mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang gemar berinvestasi. Investasi mata uang digital ini dipilih karena dianggap sangat berpotensi untuk memberikan keuntungan yang tinggi. Bahkan, banyak sumber yang menyampaikan berita bahwa beberapa orang yang melakukan investasi bitcoin berhasil memperoleh keuntungan dan menjadi kaya raya.

Sebelum mulai berinvestasi, perlu dilakukan pembuatan rekening bitcoin atau bitcoin wallet terlebih dahulu. Pembuatannya dapat dilakukan melalui beberapa situs ataupun aplikasi yang menyediakan layanan jasa bitcoin. Setelah pembuatan bitcoin wallet selesai, transaksi atau investasi bitcoin oleh penggunanya pun sudah dapat dilakukan.

Namun sebelum melakukan transaksi atau investasi yang bersifat pengeluaran, pengguna perlu mengisi bitcoin terlebih dahulu yang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ada tiga cara untuk melakukan pengisian, yaitu pembelian bitcoin menggunakan mata uang tertentu, menjual barang untuk dibayar menggunakan bitcoin, atau membuat bitcoin menggunakan komputer.

Selanjutnya hal yang perlu diketahui, semua kegiatan yang terjadi terkait penggunaan bitcoin akan disimpan di blockchain. Blockchain merupakan fasilitas bitcoin yang mampu memberikan fungsi keamanan dasar agar segala kegiatan yang terjadi dapat terekam sebagai bukti kepemilikan bitcoin. Dengan adanya blockchain, juga memungkinkan penghentian pembelanjaan koin serta pembatalan transaksi yang dilakukan oleh oknum tertentu. Segala kegiatan yang terekam dan tersimpan di blockchainmerupakan kegiatan transaksi yang telah dikonfirmasi untuk diterbitkan. Proses ini seringkali disebut dengan pertambangan bitcoin.

Alasan Melakukan Investasi Bitcoin

Alasan Investasi Bitcoin

Investasi bitcoin sebenarnya membutuhkan keberanian besar sebab risiko yang besar pun akan dihadapi oleh para investor bitcoin. Menambang bitcoin sama artinya dengan bertaruh uang-uang yang digunakan untuk investasi. Hal itu disebabkan beberapa alasan.

Bitcoin Bukan Saham atau Komoditi

Investasi Bitcoin - Bitcoin Bukan Saham atau Komoditi

Pertama, bitcoin tidak sama dengan saham atau komoditi. Pasar bitcoin tidak memiliki dasar penjualan yang jelas karena bitcoin bergantung pada minat dari orang lain. Apabila minat terhadap bitcoin menurun atau sudah tidak lagi maka bitcoin yang dimiliki akan ikut menurun. Yang lebih parah, bitcoin tidak akan memiliki nilai sama sekali sehingga akan membawa kerugian.

Oleh karena itu, untuk investasi bitcoin selain membutuhkan keberanian juga membutuhkan strategi mumpuni. Strategi yang baik ialah strategi yang mampu membaca situasi. Maksudnya, investor bitcoin harus mampu melihat peluang harga bitcoin yang dalam suatu masa akan rendah, tinggi, bahkan tidak bernilai lagi. Harga yang rendah dapat dimanfaatkan untuk membeli bitcoin baru, sedangkan harga tinggi dapat dijadikan kesempatan untuk menjual bitcoin yang dimiliki. Sementara bila investor peka dan merasa minat terhadap bitcoin menurun suatu saat nanti maka investor harus bergerak cepat mencairkan bitcoinnya.

Investasi Bitcoin Dilarang BI dan OJK

Investasi Bitcoin - Bitcoin Dilarang OJK dan BI

Kedua, investasi bitcoin sebenarnya dilarang di Indonesia oleh Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Artinya, tidak akan ada payung hukum untuk kegiatan transaksi bitcoin di Indonesia sehingga relatif tidak aman. Adapun alasan pelarangan disebabkan oleh fakta bahwa alat pembayaran sah di Indonesia hanya rupiah sehingga bitcoin tidak akan bisa digunakan untuk transaksi. Kepemilikan mata uang digital yang tidak dibawahi oleh otoritas manapun juga membawa risiko yang besar sebab tidak ada pihak yang akan bertanggung jawab.

Tidak Ada Administrasi Resmi

Investasi Bitcoin - Tidak Ada Administrasi Resmi

Alasan lainnya, ketidakadaannya administrasi resmi maka memungkinkan bitcoin digunakan untuk tindakan tercela, seperti pendanaan terorisme dan pencucian uang, yang merugikan masyarakat luas. Hal itu disebabkan bitcoin tidak mengharuskan penggunanya menggunakan identitas asli alias pengguna dapat menjadi anonim. Oleh sebab itu, peringatan untuk tidak memperjual belikan mata uang digital ini pun dikeluarkan oleh BI sebagai otoritas moneter di Indonesia.

Bagi Anda yang menjadi ragu untuk melanjutkan investasi bitcoin maka Anda yang memang membutuhkan pinjaman uang dapat berhubungan dengan perusahaan Fintech syariah yang legal di Indonesia. Selain pinjaman, Fintech ini juga dapat digunakan sebagai alat transaksi untuk berbagai pembayaran.

Penggunaan bitcoin yang tidak akan membuat terpotongnya jumlah uang transaksi menjadi salah satu alasan banyak orang memilihnya. Hal ini mirip dengan Fintech syariah yang tidak akan memberikan tanggungan beban bunga kepada mitranya. Fintech yang berprinsip hukum Islam, yakni tanpa riba, ini juga akan memberi keuntungan bagi Anda sebagai peminjam tentunya.

Oleh sebab itu, Fintech syariah dapat dijadikan sebagai alternatif bagi orang yang membutuhkan sejumlah uang. Karena Fintech ini legal, hukum mampu memayunginya sehingga transaksi juga akan lebih aman. Hal ini akan lebih mengamankan posisi keuangan Anda.

Cara Kerja Bitcoin

Investasi Bitcoin - Cara Kerja Bitcoin

Akan tetapi, bagi Anda yang masih tertarik untuk melakukan investasi bitcoin maka Anda perlu mengetahui cara kerja yang dimilikinya. Penemu bitcoin, Satoshi Nakamoto, membuat tiga konsep utama cara kerja bitcoin.

Konsep pertama ialah jaringan yang terdesentralisasi. Karena jaringannya terdesentralisasi, maka data akan tersebar ke berbagai tempat. Dengan begitu, ketika bertransaksi maka kegiatan tersebut akan tersiar kepada publik yang tergabung dalam jaringan.

Kedua, penggunaan kriptografi yang berupa kode-kode rahasia untuk mengonversi data transaksi yang dilakukan. Dalam hal ini blockchain yang akan berperan dalam penyimpanan data transaksi bitcoin.

Yang terakhir, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bitcoin akan bergantung dengan minat masyarakat. Artinya, bitcoin berkonsep bergantung pada penawaran dan permintaan yang hadir di tengah masyarakat. Begitulah cara kerja bitcoin yang perlu dipahami.

4 Forum Bitcoin sebagai Media Diskusi Sebelum Investasi Bitcoin

Investasi Bitcoin - Forum yang Membahas Bitcoin

Bagi Anda yang masih ingin belajar lebih lanjut sebelum investasi bitcoin, cobalah untuk mengunjungi berbagai forum diskusi bitcoin yang tersebar di internet. Akan tetapi, karena banyaknya forum tersebut mungkin akan menimbulkan kebingungan untuk bergabung dengan forum yang mana. Berikut beberapa forum yang banyak digunakan oleh para penggiat bitcoin.

  1. Bitcointalk.org

Investasi Bitcoin - Bitcointalk.org

Bitcointalk.org adalah forum terbesar di dunia yang membahas seputar bitcoin hingga utas terkait cryptocurrency. Forum ini dibuat oleh penemu bitcoin, yakni Satoshi Nakamoto, sehingga telah lama menjadi pusat forum diskusi bagi masyarakat luas. Pada forum ini juga dapat ditemukan berbagai informasi seputar pengumuman blockchain terbaru, berbagai tutorial, dan marketplace produk atau jasa yang berkaitan dengan aset digital.

  1. Cryptocurrencytalk.com

Investasi Bitcoin - Cryptocurrencytalk.com

Soal keaktifan diskusi penggunanya maka forum cryptocurrencytalk.com menjadi yang terdepan. Sama halnya dengan forum Bitcointalk, forum ini juga menawarkan berbagai bahasan yang terkait cryptocurrency, baik itu bitcoin maupun mata uang kripto lainnya. Dengan begitu, forum ini akan sangat bermanfaat bagi orang yang masih menimbang ingin investasi bitcoin atau mata uang digital lainnya.

  1. Reddit

Investasi Bitcoin - Reddit.com

Mungkin forum ini menjadi salah satu forum yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Forum Reddit banyak memuat konten edukasi maupun hiburan, termasuk konten diskusi terkait bitcoin. Forum ini menyediakan fitur Ask Me Anything (AMA) yang diadakan oleh para ahli cryptocurrency sehingga dapat menjadi media belajar Anda. Namun, untuk masuk ke forum ini masyarakat Indonesia harus menggunakan VPN karena situs ini diblokir di Indonesia.

  1. Forum Bitcoin Indonesia

Investasi Bitcoin - ForumBitcoin.co.id

Sementara bagi Anda yang lebih nyaman menggunakan bahasa Indonesia untuk berdiskusi dalam forum maka forum ini dapat menjadi pilihan yaitu forumbitcoin.co.id. Tidak hanya berdiskusi, melalui forum ini juga akan didapatkan berbagai utas berisi informasi yang membahas bitcoin hingga cryptocurrency lainnya.

Dengan demikian, untuk mulai berinvestasi perlu memahami dulu apa itu bitcoin dan bagaimana cara kerjanya. Belajar mengenai bitcoin juga dapat dilakukan melalui berbagai forum diskusi bitcoin yang banyak tersebar di internet. Forum ini juga dapat terus dijadikan acuan meski sudah terlibat langsung kegiatan investasi bitcoin.

5 / 5. 761

Baca Juga  Cara Investasi Emas Agar Untung di Tengah Covid-19