8 Investasi Aman dan Menguntungkan Terbaru

Investasi aman dan menguntungkan adalah sesuatu yang menggiurkan setiap orang terutama orang yang memiliki modal besar. Yang menggembirakan ternyata investasi seperti itu tersedia banyak di dunia ini. Informasi inilah yang banyak dicari oleh para investor untuk menumbuhkembangkan uang mereka. Hal ini tak terlepas dari nilai uang yang semakin mengecil dan tergerus oleh laju inflasi.

Orang-orang kaya yang cerdas, mereka tidak hanya puas menabung uang di bank. Justeru mereka merasa rugi jika hanya menabung. Mereka akan memilih untuk menginvestasikan uang dalam berbagai jenis investasi yang melampaui tingkat inflasi. Pendek kata, alasan utama yang membuat banyak orang memilih investasi yang menjanjikan karena adanya laju inflasi yang dapat menurunkan nilai uang.

Pengertian Investasi

Investasi Aman dan Menguntungkan - Pengertian Investasi

Investasi adalah upaya meningkatkan kekayaan. Kekayaan yang sedikit menjadi lebih besar. Pengertian investasi ini meliputi banyak hal. Seperti investasi pendidikan, kesehatan, dan kekayaan. Dalam hal ini yang menjadi pokok pembahasan sekarang adalah investasi yang berkaitan dengan kekayaan atau keuangan.

Sedangkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi investasi sebagai sebuah proses menyimpan uang pada sebuah sektor usaha atau bisnis dengan harapan seseorang memperoleh laba sebesar-besarnya.

Contoh investasi yang dapat meningkatkan keuangan kamu banyak sekali. Misalkan investasi properti, investasi emas, investasi rumah, investasi tanah, investasi apartemen, investasi saham, investasi deposito, investasi reksadana, dan investasi pendidikan. Itulah beberapa investasi aman dan menguntungkan asalkan dibarengi dengan pendidikan investasi yang tepat.

Hubungan Investasi dan Inflasi

Investasi Aman dan Menguntungkan - Hubungan Investasi dan Inflasi

Selanjutnya sebelum kita membahas apa saja investasi aman dan menguntungkan, kita beralih dulu ke hubungan antara investasi dan inflasi. Hubungan antara investasi dan inflasi sangat erat. Orang mengambil investasi aman dan menguntungkan karena tidak ingin uang mereka tergerus inflasi yang membuat uang mereka semakin mengecil nilainya.

Inflasi adalah kondisi naiknya harga-harga barang kebutuhan pokok yang membuat nilai uang semakin kecil. Mungkin kamu merasakan uang satu juta rupiah sekarang ini sangat besar. Namun sepuluh tahun mendatang, uang sebesar satu juta rupiah akan sangat kecil. Kamu tak bisa memenuhi kebutuhan hidup lagi dengan uang sebesar satu juta rupiah.

Adapun yang menjadi penyebab inflasi dan menurunnya nilai mata uang sangat banyak. Seperti kacaunya ekonomi dan politik yang terjadi di suatu negara, meningkatnya ongkos biaya produksi barang, dan semakin banyak uang beredar di masyarakat. Untuk menghindari inflasi yang merugikan masyarakat luas dibutuhkan suatu instrumen investasi yang dapat menyaingi atau melampaui laju inflasi. Salah satunya akan dibahas pada artikel ini selanjutnya tentang investasi aman dan menguntungkan.

Investasi Aman dan Menguntungkan

Investasi Aman dan Menguntungkan

Para pakar investasi dan perencanaan uang sudah sering memberikan penjelasan tentang pentingnya sebuah investasi. Investasi aman dan menguntungkan adalah sebuah keharusan yang tidak bisa ditolerir lagi. Karena harga barang yang terus meningkat pesat setiap harinya dan nilai uang yang semakin berkurang.

Sebagai rekomendasi, berikut ini beberapa investasi aman dan menguntungkan bagi kamu semua, antara lain:

1. Investasi Properti

Investasi Aman dan Menguntungkan - Investasi Properti

Investasi properti terbagi ke dalam dua bagian yakni investasi rumah yang meliputi apartemen, kos-kosan, ruko, rumah kontrakan dan lain-lain. Bagian kedua adalah investasi tanah. Yang mencakup tanah sawah, tanah kosong, tanah kavling dan lain sebagainya.

Investasi properti termasuk kategori jenis investasi aman dan menguntungkan. Misalkan kamu investasi tanah maka harga tanah akan terus naik dan tak pernah hilang. Kamu bisa menjualnya kembali untuk mendapatkan selisih harga yang dinamakan capital gain. Atau kamu bisa menyewakan tanah untuk mendapatkan penghasilan pasif.

2. Investasi Emas

Investasi Aman dan Menguntungkan - Investasi Emas

Emas adalah salah satu logam yang memiliki nilai ekonomis sangat tinggi. Sekarang ini emas bukan hanya dapat dijadikan perhiasan bagi kaum perempuan. Namun emas dapat juga dimanfaatkan untuk investasi karena harga emas per gram yang semakin naik dari hari ke hari.

Orang kaya sering menginvestasikan uang mereka pada emas batangan. Salah satu kelebihan investasi emas adalah harganya yang selalu mengalami kenaikan setiap tahun dan bersifat likuid. Dalam arti, jika kamu memerlukan uang tunai dalam jumlah besar maka kamu bisa menjual emas dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli.

3. Tabungan Berjangka

Investasi Aman dan Menguntungkan - Tabungan Berjangka

Kamu pastinya tak asing lagi dengan namanya tabungan. Tabungan adalah produk perbankan yang melayani simpanan para nasabah. Investasi aman dan menguntungkan lain yang bisa kamu pergunakan untuk investasi bukan tabungan biasa tapi tabungan berjangka. Tabungan ini mempunyai perbedaan sangat besar dengan tabungan biasa.

Dengan memilih tabungan ini berarti kamu mengikrarkan diri untuk tak mengambil uang dalam periode tertentu. Yang menjadi pembeda dengan tabungan biasa dari segi suku bunga yang lebih besar ketimbang tabungan biasa. Suku bunganya bisa sampai 4,25 persen setiap tahun. Walaupun bunganya cukup tinggi, tabungan ini sangat aman.

4. Deposito

Investasi Aman dan Menguntungkan - Deposito

Deposito merupakan jenis investasi aman dan menguntungkan yang paling populer di masyarakat. Untuk investasi ini, kamu harus mempunyai modal uang sangat besar. Minimal uang setoran sebesar Rp 10 juta lebih. Namun beberapa bank ada yang memberikan setoran minimal lebih kecil dari itu seperti satu juta rupiah, dua juta rupiah, atau tujuh juta rupiah.

5. Berbisnis

Investasi Aman dan Menguntungkan - Berbisnis

Salah satu kendala yang sering dijumpai ketika seseorang hendak membuka usaha adalah pemilihan jenis usaha. Mereka bingung untuk membuka usaha apa ? Mengingat ada banyak jenis usaha yang ada. Mereka memilih bisnis yang menguntungkan. Kalau kamu ingin lebih mudah adalah membuka usaha maka pilihlah usaha yang akan selalu laris manis dan dibutuhkan setiap orang.

Sebagai pemula kamu dapat menginvestasikan uang dengan nominal kecil dulu. Karena ada banyak jenis usaha yang dapat dimulai dengan modal kecil dan sangat prospektif. Bagaimana tidak? Kamu dengan investasi modal kecil mampu mendapatkan keuntungan yang besar. Jenis usaha bisnis itu ada dan setiap orang bisa melakoni dan mencoba peruntungannya.

6. Obligasi

Investasi Aman dan Menguntungkan - Obligasi

Investasi aman dan menguntungkan lainnya adalah obligasi. Jenis investasi ini diterbitkan oleh pemerintah untuk menarik dana sebesar mungkin dari masyarakat. Surat berharga ini sering diterbitkan oleh negara untuk membiayai semua pembangunan yang berlangsung di Indonesia. Investasi ini disebut juga ORI yang bunganya lebih besar ketimbang bunga deposito.

7. Investasi Saham

Investasi Aman dan Menguntungkan - Investasi Saham

Mungkin kamu heran dengan saham termasuk investasi yang aman dan menguntungkan? Saham sebenarnya termasuk dalam kategori ini asalkan dibekali dengan pengetahuan, wawasan dan pengalaman dalam investasi saham. Sehingga setiap transaksi pembelian dan penjualan saham akan selalu menguntungkan ditopang oleh pengalaman dan pendidikan investasi saham yang baik dan benar. Kata siapa investasi saham beresiko? Yang beresiko adalah pemain saham itu sendiri.

8. Investasi Reksadana

Investasi Aman dan Menguntungkan - Reksadana

Terakhir, investasi yang menguntungkan dan aman adalah investasi reksadana. Jenis investasi ini mempunyai tingkat profit lebih besar ketimbang suku bunga obligasi dan deposito. Yang menjadi kelebihan utama investasi ini sama seperti emas yang sifatnya sangat mudah dicairkan menjadi uang tunai dalam waktu singkat.

Penutup

Investasi Aman dan Menguntungkan - Penutup

Demikianlah investasi aman dan menguntungkan. Sebenarnya ada lagi yang lebih penting dari itu yakni investasi pendidikan dan kesehatan. Investasi pendidikan adalah sebuah keterampilan atau pendidikan yang membuat seseorang bisa lebih pandai dalam berinvestasi dan menghasilkan uang. Kemudian investasi kesehatan yang merupakan investasi paling mahal. Tapi sangat berharga supaya kamu bisa menikmati hasil investasi kamu dengan baik.

5 / 5. 998