Cara Trading Saham Bagi Pemula 2021

3 Tahapan Cara Trading Saham Bagi Pemula dan Lanjut

Cara trading saham merupakan ilmu yang mesti dikuasai bagi mereka yang mau berinvestasi dalam sektor surat berharga saham. Saham adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek dan dimiliki oleh publik. Bagi investor saham yang paling utama diinginkan adalah laba yang besar dari return atau kapital gain.

Di dunia ini banyak sekali jenis investasi. Namun yang paling menggiurkan adalah investasi saham yang mampu memberikan keuntungan sangat besar. Untuk mendapatkan untung besar dari investasi saham dibutuhkan kemampuan dan keterampilan cara bermain saham modal kecil untung besar. Teknik ini sangat rahasia dan bisa kamu pelajari yang akan diuraikan pada artikel ini.

Trading saham adalah suatu perdagangan jual beli saham. Umumnya membeli saham ketika harganya murah. Lalu menjualnya ketika harganya tinggi. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan laba dari investasi saham. Dari sinilah dibutuhkan pengetahuan dasar tentang saham dan cara beli saham online.

Mengenal Garis Besar dari Trading Saham

Cara Trading Saham - Mengenal Trading Saham

Cara trading saham adalah upaya untuk menghasilkan uang dari suatu perdagangan. Trading berarti perdagangan. Salah satu mata pencaharian yang sangat menjanjikan dan lebih banyak pintu rezeki adalah perdagangan. Dari sekian banyak perdagangan maka dagang saham merupakan investasi yang cukup menjanjikan.

Untuk memulai cara trading saham sudah ditentukan tahapan dan peraturannya oleh pemerintah. Seorang investor tak bisa datang langsung ke bursa efek. Ia mesti melewati perusahaan sekuritas atau broker saham untuk mendaftarkan diri sebagai investor saham yang akan bisa melakukan cara trading saham kelak secara online atau offline.

Dengan menjadi investor saham berarti kamu bisa mempunyai kepemilikan di aneka macam perusahaan dalam skala nasional maupun internasional. Kamu bisa bekerja di dalam rumah. Kamu bisa melakukan transaksi jual beli saham di rumah tanpa perlu keluar rumah. Karena pihak perusahaan sekuritas akan memberikan aplikasi cara trading saham lewat aplikasi tersebut kamu dapat transaksi jual atau beli saham secara online.

Dibandingkan dengan jenis investasi lain seperti emas, properti dan bisnis maka investasi saham mempunyai tingkat resiko kerugian sangat besar. Namun sebanding dengan tingkat keuntungan yang besar pula. Banyak milyuner dan investor kaya raya yang lahir dari investasi saham. Salah satu contohnya adalah Warren Buffett. Lalu bagaimanakah cara trading saham sehingga ia bisa kaya raya dan menjadi manusia terkaya setelah Bill Gates?

Cara Trading Saham ala Warren Buffett

Cara Trading Saham - Cara Warren Buffett

Cara trading saham ala Warren Buffett adalah tidak menyimpan telur dalam keranjang yang sama. Telur diibaratkan adalah uang yang kamu investasikan dalam saham. Uang tidak dianjurkan untuk dibelikan saham pada satu perusahaan. Tapi Warren Buffett menganjurkan agar setiap uang yang diinvestasikan dalam saham itu dibelikan saham dari berbagai perusahaan yang potensial. Ketika satu perusahaan nilai sahamnya turun maka seseorang tidak akan rugi besar. Ia bisa mendapatkan keuntungan dari nilai saham perusahaan lain yang nilainya meningkat.

Dalam cara trading saham ada berbagai tipe investor. Yakni investor modal besar. Mereka menginvestasikan uang dalam saham dengan modal besar. Yang pastinya keuntungan pun akan besar. Kedua, mereka yang bermain saham dengan modal kecil. Mereka bermain saham modal kecil yang keuntungannya tak terlalu besar.Cara trading saham dinilai suatu keterampilan yang rumit. Namun jika kamu terjun langsung atau praktek akan terasa mudah. Apalagi kamu dibimbing oleh broker saham yang baik dan terpercaya.

Berapa Modal Investasi Saham ?

Cara Trading Saham - Modal Investasi Saham

Banyak orang yang menduga investasi saham dan cara trading saham adalah khusus untuk orang-orang kaya yang memiliki modal besar. Orang yang modal kecil tidak dapat dapat berinvestasi dalam saham. Benarkah demikian? Ternyata tidak benar. Orang kaya dan orang miskin pun dapat bermain saham dan cara trading saham.

Rincian biaya modal untuk investasi saham sebesar Rp 100 ribu. Dengan uang 100 ribu rupiah, kamu dapat investasi saham. Kamu berkesempatan menjadi investor saham yang kaya raya dengan untung besar secara cepat. Keuntungan saham bisa didapat dari dua segi yakni deviden dan kapital gain. Selama ini tidak ada namanya investor saham yang miskin. Investor saham umumnya kaya raya.

Tahapan Cara Trading Saham Bagi Pemula dan Lanjut

Cara Trading Saham Bagi Pemula 2021

Untuk cara trading saham tak bisa dilakukan secara sekaligus. Namun membutuhkan langkah-langkah dan tahapan yang mudah. Berikut ini tahapan cara trading saham bagi pemula, antara lain:

  1. Buka Rekening

Cara Trading Saham - Buka Rekening

Tahapan pertama untuk investasi saham adalah membuka rekening. Dalam arti, bukan membuka rekening tabungan. Tapi membuka rekening efek. Ini sebagai salah satu syarat utama untuk melakukan transaksi jual beli saham.

Pembuatan rekening efek sangat mudah. Kamu tinggal menghubungi perusahaan broker saham yang terdaftar di Bursa Efek. Setelah itu, kamu datang langsung ke perusahaan efek tersebut sambil membawa buku tabungan, NPWP, dan fotocopy KTP dan materai dua lembar. Setelah itu, kamu sudah bisa mempunyai rekening efek yang aktif

  1. Setoran Dana Pertama

Cara Trading Saham - Setoran Dana

Setelah mempunyai rekening efek, berikutnya kamu mengisinya dengan saldo pertama. Biasanya perusahaan memberikan besaran nominal tertentu untuk deposit dana pertama di rekening efek. Dengan adanya uang di rekening efek berarti kamu sudah bisa memulai membeli saham secara online

  1. Memulai Investasi Saham

Cara Trading Saham - Mulai Investasi

Dengan sudah mempunyai rekening beserta dana di dalamnya berarti kamu sudah bisa memulai transaksi jual dan beli saham. Umumnya semua transaksi saham dilakukan secara online tanpa kamu datang langsung ke Bursa Efek Indonesia. Transaksi pembelian saham hanya lewat media internet.

Merebaknya transaksi saham secara online seiring dengan perkembangan canggih dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi. Kamu bisa melihat pergerakan saham yang kamu beli. Kamu bisa melihat seberapa keuntungan dan kerugian dari investasi saham yang telah kamu lakukan.

Investasi Saham Bagi Pemula

Cara Trading Saham - Investasi Saham Bagi Pemula

Jika kamu mau investasi saham maka pilihlah perusahan broker sekuritas yang terpercaya dan terbaik yang juga menyediakan layanan transaksi jual beli saham secara online.

Berikut ini contohnya :

  • Prima yang anak perusahaaan Trimegah Sekuritas
  • POST yang dimiliki oleh Panin Sekuritas
  • eSmart yang disupport oleh BNI Sekuritas
  • MOST yang merupakan bagian dari Mandiri Sekuritas dan layanan BEST dari BCA Sekuritas

Dari penjelasan di atas, untuk menjadi investor saham , kamu tidak harus menunggu kaya. Kamu bisa memulainya dengan modal kecil. Keuntungan berinvestasi saham akan membuat kamu mendapatkan kemakmuran di masa depan. Namun untuk mencapai itu memerlukan perencanaan matang dan strategi yang tepat.

2 Tips Tambahan Bagi Investor Saham

Cara Trading Saham - Tips Investor Saham

Berikut ini ini sejumlah tips bagi investor saham yang ingin meraup laba besar, antara lain:

  1. Mencari Informasi

Cara Trading Saham - Mencari Informasi

Untuk investasi saham atau membeli saham harus melihat ke depan. Bagaimana perkembangan perusahaan di masa datang? Jika perusahaan itu akan menguntungkan maka kamu bisa membeli saham. Untuk itulah, kamu perlu mengetahui seluk beluk perusahaan yang akan kamu beli sahamnya. Dengan cara membaca laporan tahunan, laporan keuangan dll.

  1. Menentukan Tipe Investor

Cara Trading Saham - Menentukan Tipe Investor

Untuk menarik keuntungan besar dari saham kamu bisa memilih dua jalur yakni sebagai investor murni atau pedagang yang disebut trader. Jika kamu memilih untuk menjadi trader saham maka keuntungan yang bisa kamu peroleh dari kapital gain. Sedangkan jika kamu memilih sebagai investor saham maka keuntungan didapatkan dari deviden.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 890

No votes so far! Be the first to rate this post.

Scroll to Top