Membahas Bunga Deposito dan Cara Buka Deposito 2021

Bunga deposito adalah suatu keuntungan yang didapat oleh seorang nasabah deposito atas uang yang disimpannya dalam bentuk deposito di lembaga perbankan. Ini berkaitan dengan deposito yang ditanamkan oleh seseorang di bank dalam kurun masa tertentu. Bank sebagai pihak pengelola deposito yang dialihkan uang tersebut ke dalam sektor usaha yang produktif dan menguntungkan.

Pembagian bunga deposito umumnya sudah ditentukan oleh bank. Untuk bank syariah tidak mengenal dengan bunga deposito. Mereka hanya mengenal dengan bagi hasil. Yang besarannya sudah ditentukan oleh pihak bank yang umumnya 60 persen untuk nasabah dan 40 persen untuk pihak bank sebagai pengelola produk deposito.

Deposito adalah sebuah produk jenis investasi keuangan yang dimulai dari perjanjian antara nasabah dan bank. Salah satu yang menjadi ciri khas deposito adalah adanya bunga deposito yang diberikan bank kepada pihak nasabah. Bunga deposito ini bisa diambil sewaktu-waktu berbeda dengan uang pokok deposito yang hanya bisa diambil pada waktu pas jatuh tempo.

Terjadinya produk deposito tidak berjalan kalau hanya ada satu pihak. Kedua pihak antara nasabah dan pihak bank harus ada dalam perjanjian itu dan membuat kesepatakan bersama tentang besaran bunga deposito yang akan diterima oleh nasabah. Bunga deposito terbilang sangat kecil. Namun jika dibandingkan dengan bunga tabungan tentu lebih besar.

Pengertian Deposito

Bunga Deposito - Pengertian

Deposito juga berarti suatu teknik mengamankan uang dari sesuatu hal yang menghabiskan uang. Maksudnya, deposito yang dilakukan umumnya menggunakan uang menganggur yang tak akan dipakai dalam masa dekat. Kalau disimpan di rumah tentu akan sangat bahaya. Apalagi rumahnya sering kehilangan barang. Sedangkan menyimpan uang di rekening tabungan juga tak aman dengan adanya banyak penipuan tentang sistem transfer uang.

Salah satu cara terbanyak orang gunakan adalah menyimpan uang yang nominalnya besar dalam bentuk deposito di bank. Seperti :

  • Deposito Bank Mandiri
  • Deposito Bank BCA
  • Deposito Bank BRI
  • Deposito Bank Muamalat
  • Deposito Bank Mega Syariah
  • Deposito Bank BJB
  • Deposito Bank Panin
  • Deposito Bank Danamon
  • Deposito Bank BNP
  • Deposito Bank Bukopin
  • Deposito Bank BNI
  • dan bank lainnya

Sebagian ahli berpendapat bahwa deposito adalah surat berharga yang bukan hanya dapat diuangkan tapi dapat juga dijadikan jaminan. Misalkan kamu bisa meminjam uang di bank dengan jaminan sertifikat deposito. Dan yang paling menarik, deposito ini sifatnya tak likuid. Ia tak mudah dicairkan sebelum pada waktu jatuh tempo.

Cara Buka Deposito

Bunga Deposito - Cara Buka Deposito

Bagi kamu yang mau membuka investasi deposito sangat mudah. Kamu tinggal datang saja ke kantor bank terdekat. Kamu akan dibimbing oleh customer service bank dalam membuat produk deposito yang menguntungkan. Biasanya syarat utama untuk membuka deposito adalah fotocopy KTP dan aslinya, materai sebanyak dua buah, dan buku tabungan di bank tersebut.

Setelah itu semua diserahkan pada pihak petugas bank maka selanjutnya kamu akan disuruh untuk mengisi formulir pengajuan deposito. Kemudian kamu disuruh untuk membayar uang yang akan didepositokan pada rekening bank bersangkutan.

 Berikutnya bank akan menjelaskan kepada kamu mengenai besaran bunga deposito beserta besaran pajak deposito. Untuk besaran bunga deposito sudah ada yang mengaturnya yakni pemerintah. Adapun faktor yang mempengaruhi besaran suku bunga deposito adalah kondisi keuangan negara fundamental di dalam dan di luar.

Terakhir, kamu diminta untuk menandatangani semua kesepakatan formulir deposito. Proses cara pengajuan sampai membuka deposito sampai selesai membutuhkan waktu paling lama satu jam. Orang yang memilih menjadi member deposito akan mendapatkan banyak layanan.

Keuntungan dan Kerugian Deposito

Bunga Deposito - Kerugian dan Keuntungan

Berikut ini keuntungan deposito yang perlu kamu ketahui dari awal sampai akhir, antara lain:

  1. Resiko yang Rendah

Bunga Deposito - Resiko

Investasi deposito mempunyai resiko kerugian lebih rendah. Bahkan bisa dibilang sebagai investasi aman. Segala kerugian sudah ditanggung oeh LPS. Jarang sekali atau hampir tak ada orang yang investasi deposito kemudian merugi atau uangnya berkurang. Yang ada justeru uangnya bertambah banyak.

  1. Uang Deposito Dijamin

Bunga Deposito - Dijamin

Uang yang kamu simpan dalam bentuk deposito di bank dijamin keamanannya. Tingkat keamanan uang dibank sangat tinggi berbeda dengan menyimpan uang di rumah. Menyimpan uang di rumah bisa hilang dalam waktu sekejap ketika ada pencuri atau tangan jahil. Sedangkan menyimpan uang di bank sangat aman yang dilengkapi brankas untuk menyimpan uang yang sangat tebal dan anti bongkar dan anti api kebakaran.

  1. Return on Asset

Bunga Deposito - Return on Asset

Dengan menyimpan uang di bank dalam bentuk deposito, kamu juga akan mendapatkan return on asset. Modal pokok kamu akan kembali yang disertai dengan keuntungan hasil deposito.

  1. Capital Adequacy Ratio

Bunga Deposito - Capital Adequacy Ratio

Kamu juga dapat memperoleh capital adequacy ratio dari investasi deposito di bank. Itu adalah selisih keuntungan deposito.

Setelah semua membahas keuntungan deposito maka sekarang akan dibahas kekurangan deposito. Yang menjadi kekurangan deposito adalah bunga deposito yang diberikan sangat kecil. Dengan kata lain, keuntungan investasi deposito sangat rendah dibandingkan dengan investasi produk lain seperti properti.

Contohnya kamu deposito uang sebesar Rp 20 juta. Setiap bulan, kamu mendapatkan laba bersih sebesar Rp 50 ribu. Nominal yang sangat kecil bukan dibandingkan dengan nilai yang didepositokan.

Memahami Bunga Deposito

Penjelasan Bunga Deposito

Salah satu yang diharapkan oleh nasabah deposito adalah mendapatkan bunga deposito. Hal ini dialami oleh penulis ketika berpindah-pindah bank untuk mencari besaran bunga deposito yang tinggi. Pada dasarnya tingkat bunga deposito standar dan sudah ditentukan oleh pemerintah. Sehingga pada saat penutupan deposito, kamu akan mendapatkan uang pokok plus bunga deposito.

Banyak orang yang menganggap orang yang mengandalkan hidupnya dari bunga deposito adalah haram. Bunga deposito kalau dikumpulkan pada beberapa bank akan semakin besar. Lalu bisakah seseorang hidup dari keuntungan bunga bank? Tentu saja bisa. Ini yang dilakukan oleh orang-orang kaya bahwa untuk menghasilkan uang bisa dilakukan dengan uang lagi.

Bunga deposito adalah keuntungan dari investasi deposito. Adapun besaran kisaran suku bunga deposito berbeda-beda kebijakan di setiap bank dan sesuai suku bunga Bank Indonesia. Kalau kamu menyimpan uang dalam deposito maka kamu akan mendapatkan keuntungan lebih besar ketimbang menyimpan dalam bentuk buku tabungan di bank.

Misalkan kamu mempunyai deposito di Bank Mandiri sebanyak Rp 20 juta. Keuntungan yang kamu peroleh setiap bulan sebesar Rp 50 ribu. Kalau seandainya kamu mempunyai sepuluh unit deposito di sepuluh bank berbeda maka setiap bulan kamu mendapatkan penghasilan sebesar Rp 500 ribu tanpa harus kamu bekerja pagi dan petang. Kamu hanya duduk dan santai saja di rumah.

Kesimpulan

Bunga Deposito - Kesimpulan

Kesimpulan dari semua itu adalah deposito sangat tepat dijadikan sarana investasi supaya nilai uang yang kamu miliki tidak berkurang. Salah satu yang membuat nilai uang berkurang adalah laju inflasi. Dan setiap bulan terus berlangsung inflasi. Faktor penyebab inflasi banyak hal. Seperti adalah permintaan terhadap suatu barang atau jasa yang meningkat pesat. Sedangkan barang tersedia normal hingga mengakibatkan kenaikan harga barang.

Salah satu upaya agar uang yang kamu miliki tak tergerus laju inflasi adalah dengan investasi dalam produk deposito. Seperti produk deposito BRI, BCA, Mandiri, dll. Namun yang lebih bijak lagi adalah menggeluti bisnis yang keuntungannya melebihi bunga deposito.

5 / 5. 891