Tips Memilih Broker Saham

9 Tips Memilih Broker Saham Indonesia

Bagi Anda yang baru saja atau berencana untuk masuk ke dunia saham ada baiknya untuk mengetahui beberapa istilah, salah satunya adalah broker saham. Kalau penasaran dengan istilah tersebut, ada baiknya pula untuk Anda agar menyimak artikel ini sampai selesai. Yuk!

Apa Itu Broker Saham?

Apa itu Broker Saham

Sebelum membahas daftarnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu broker saham. Broker saham adalah perusahaan yang namanya sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan mempunyai izin untuk melakukan trading saham atau jual beli saham pada BEI atau Bursa Efek Indonesia. Bursa Efek Indonesia sendiri merupakan sebuah sarana resmi yang diakui pemerintah Indonesia dalam menjalankan aktivitas persahaman Indonesia.

Meskipun demikian Anda tidak bisa melakukan kegiatan menjual dan membeli saham secara langsung di Bursa Efek Indonesia tetapi harus melakukannya terlebih dahulu melalui broker saham atau lebih dikenal sebagai pialang saham atau perusahaan sekuritas. dikarenakan broker saham ini yang berhak dan mempunyai izin untuk menjalankan kegiatan jual beli saham.

Maka dari itu sebelum melakukan transaksi saham Anda harus memilih terlebih dahulu broker mana yang paling baik di Indonesia dan pastinya sudah terdaftar di OJK.

Peran broker sendiri adalah sebagai perantara antara investor dengan Bursa Efek Indonesia dalam membantu proses membeli dan menjual saham. Sehingga sangatlah penting untuk broker tersebut tercatat di Bursa Efek Indonesia

Broker merupakan pintu mudah untuk Anda agar bisa masuk ke pasar modal tanpa repot-repot memenuhi syarat-syarat yang berat. Broker ini juga akan memberikan saran kepada para calon investornya. Saran-saran tersebut pastinya akan dibutuhkan para investor untuk bisa mengambil keputusan saat keadaan mendesak.

Berbisnis di dunia pasar modal mempunyai resiko yang tinggi tetapi dengan adanya broker ini semuanya akan menjadi lebih mudah.

Di bawah ini terdapat daftar 5 broker terbaik di Indonesia dan apa saja tips untuk memilihnya.

Daftar Broker Saham di Indonesia

Daftar Broker Saham di Indonesia

Mengetahui daftar broker saham apa saja yang terbaik di Indonesia adalah langkah pertama yang harus dilakukan karena bisa mengurangi adanya berbagai risiko misalnya seperti mengalami kerugian secara finansial. Jadi apa saja broker terbaik di Indonesia? Berikut ini adalah penjelasannya.

BNI Sekuritas

Broker Saham - BNI Sekuritas

BNI Sekuritas merupakan perusahaan sekuritas yang aktif berjalan di bidang pasar modal Indonesia misalnya seperti pengelolaan investasi perbankan, jual beli saham, pengelolaan aset, hingga surat utang.

Perusahaan sekuritas ini menyediakan dua jenis akun yang bisa dipilih yaitu syariah dan konvensional. Ketentuan dari dua jenis akun ini pastinya berbeda.

Jika memilih akun syariah maka secara otomatis Anda akan mendapatkan akun konvensional namun hal tersebut hanya berlaku untuk akun syariah saja dan tidak berlaku jika Anda memilih akun konvensional. Pada tahun 2019 perusahaan BNI Sekuritas mempunyai nilai total transaksi kurang lebih sekitar 77 triliun rupiah. Dengan itu, maka tidak heran jika perusahaan BNI Sekuritas dipilih sebagai salah satu broker terbaik di Indonesia.

Sinarmas Sekuritas

Broker Saham - Sinarmas Sekuritas

Pada tahun 2019 perusahaan Sinarmas Sekuritas mempunyai nilai total transaksi kurang lebih sebesar 106 triliun rupiah. Pada awal pendiriannya perusahaan Sinarmas Sekuritas hanya fokus pada traveler cheque, valuta asing, dan surat berharga lain.

Seiring berjalannya waktu perusahaan ini lebih fokus pada perantara perdagangan efek. Apalagi saat ini Sinarmas Sekuritas bekerjasama dengan stockbit yang merupakan aplikasi untuk berdiskusi analisa dan investasi saham. Hal tersebut menjadi keunggulan tersendiri bagi perusahaan Sinarmas Sekuritas.

Trimegah Sekuritas

Broker Saham - Trimegah Sekuritas

Perusahaan Trimegah Sekuritas pernah mendapatkan penghargaan yaitu best listed company pada tahun 2017 di sektor reksadana dan sekuritas yang diadakan oleh Majalah Investor. Untuk tahun juga kategori sama, perusahaan bernama Trimegah Sekuritas sudah pernah memperoleh penghargaan yang didapatkan dari Indonesian Digital Innovation Awards.

Dilihat secara banyaknya penghargaan yang pernah diperoleh perusahaan ini sangatlah pantas untuk masuk dalam jajaran broker terbaik di Indonesia. Pada tahun 2019 total nilai transaksi perusahaan Trimegah Sekuritas kurang lebih sebesar 80 triliun rupiah.

Mirae Asset Sekuritas

Broker Saham - Mirae Asset Sekuritas

Perusahaan Mirae Asset Sekuritas dikenal sebagai perusahaan yang sangatlah terjangkau untuk masyarakat luas karena mempunyai keunggulan dalam bentuk customer service. Perusahaan ini memberikan layanan customer service yang siap selama 24 jam penuh. Jadi jika Anda mempunyai kendala maka layanan ini bisa sangatlah membantu.

Perusahaan Mirae Asset Sekuritas menyediakan sejumlah pilihan akun seperti reguler, margin, trading konvensional dan juga trading syariah. Apapun jenis akun yang digunakan semuanya tidak akan dikenakan biaya maintenance akun dan juga batasan minimal transfer untuk deposit selanjutnya. Perusahaan ini mempunyai nilai total transaksi kurang lebih sekitar 200 triliun rupiah.

Indo Premier Sekuritas

Broker Saham - Indo Premier Sekuritas

Perusahaan Indo Premier Sekuritas merupakan perusahaan sekuritas yang dikenal memberikan syarat modal awal kepada para calon investornya dengan harga sangat terjangkau. Hanya dengan modal Rp 100.000 saja Anda sudah bisa membuka akun saham di perusahaan ini.

Perusahaan Indo Premier Sekuritas kinerjanya pun tidak perlu diragukan lagi karena mereka sudah terbukti di berbagai sektor seperti pertanian hingga infrastruktur. Pada tahun 2019 perusahaan ini mempunyai nilai total transaksi kurang lebih sebesar 138 triliun rupiah.

Tips Memilih Broker Saham Terbaik di Indonesia

Tips Memilih Broker Saham

Setelah mengetahui broker apa saja yang terbaik di Indonesia, maka selanjutnya Anda mungkin sudah mampu untuk menganalisa atau memilih yang paling sesuai. Namun sebelum yakin memutuskan, Anda juga perlu mencermati beberapa persyaratan terlebih dahulu, antara lain:

  • Pastikan terlebih dahulu apakah broker yang Anda pilih sudah terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia atau belum. Untuk mengetahuinya Anda bisa kunjungi website resminya di www.idx.co.id.
  • Supaya lebih aman Anda juga bisa memakai broker milik pemerintah atau broker pelat merah.
  • Ketahuilah secara pasti berapakah jumlah setoran awal yang harus diajukan.
  • Ketahuilah juga komisi transaksi yang dibagikan broker. Rata-rata komisi pembelian saham biasanya berkisar antara angka 0,1% sampai 0,3%. Sementara rata-rata komisi penjualan saham yang dibagikan ada di kisaran 0,2% sampai 0,4%.
  • Perhatikanlah apakah broker yang Anda pilih tersebut membagikan rekomendasi kepada para nasabahnya atau tidak.
  • Perhatikan juga cara transaksi saham dari broker tersebut apakah memberikan fasilitas online trading atau tidak. Jika Broker yang Anda pilih memberikan fasilitas online trading maka ketahuilah terlebih dahulu bahwa fasilitas tersebut aman, nyaman, mudah, stabil untuk digunakan atau tidak.
  • Perhatikan juga apakah broker yang Anda pilih memberikan data real time atau tidak.
  • Periksalah kelengkapan fitur yang dipunyai broker misalnya seperti kelengkapan informasi keuangan, indikator analisis, teknikal, riset saham, berita, dan lain-lain.
  • Perhatikan apakah broker yang Anda pilih memberikan fitur trailing stops atau stop loss yang berfungsi untuk meminimalisir adanya risiko.

Sekian informasi mengenai apa itu, daftar, dan tips memilih broker saham terbaik yang semoga membantu Anda semua terutama untuk pemula. Terus belajar dan berusaha serta jangan sampai patah semangat. Terima kasih!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 942

No votes so far! Be the first to rate this post.

Scroll to Top