Beban Puncak Listrik Lebaran Tahun ini Diprediksi Lebih Rendah

BitUniverse.net – Penyedia berbagai layanan berbenah untuk menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah. Tidak terkecuali, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Jawa Timur (Jatim). Sejumlah personel diterjunkan untuk memeriksa infrastruktur supaya layanan tetap optimal saat hari raya.

Senior Manager Distribusi Unit Induk Distribusi PLN Jatim Adriansyah memperkirakan, beban puncak Lebaran kali ini tidak akan sebesar tahun lalu. Proyeksi beban puncak saat siang mencapai 5.532 megawatt (mw).

Tahun lalu, angkanya sekitar 5.705 mw. Beban puncak malam tahun ini juga diprediksi turun. Dari 5.934 mw menjadi 5.772 mw.

“Kami memperkirakan beban listrik justru turun dalam periode yang berdekatan dengan hari H. Puncak penurunannya pada tanggal 13 yang mencapai 4.507 mw,” kata Adriansyah dalam konferensi pers virtual kemarin (5/5).

Dia mengungkapkan bahwa daya jaringan listrik Jatim mencapai 9.217 mw. Sementara itu, beban puncak tertinggi diperkirakan mencapai 5.542 mw.

Ada pula penyaluran listrik berkapasitas 888 mw ke Pulau Bali. Kendati demikian, Jatim masih punya cadangan sebanyak 2.786 mw.

0 / 5. 0