Kumpulan Aplikasi Fintech Populer Tahun 2021

Perusahaan Fintech kian menjamur dewasa ini. Daftar aplikasi Fintech dengan jenis yang beragam dan sudah terdaftar di OJK mulai memasuki Play Store dan App Store. Akan tetapi, Anda pun harus benar-benar jeli untuk memilih Fintech yang akan Anda unduh dari Play Store atau App Store, karena tidak semua kumpulan aplikasi Fintech yang tersedia disana sudah terdaftar di OJK. Sebaiknya pilih aplikasi Fintech yang sudah terdaftar dari OJK agar terhindar dari motif penipuan, kehilangan dana, dan atau pencurian data pribadi.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai beragam jenis kumpulan aplikasi Fintech, cara kerja aplikasi Fintech bagi UKM, serta fitur aplikasi Fintech yang kini tengah beredar.

Kumpulan Aplikasi Fintech

Aplikasi Fintech

Kumpulan aplikasi Fintech kini sangat mudah ditemui dan diakses melalui smartphone. Hanya dengan mengunduhnya, Anda sudah bisa menikmati beragam kemudahannya, mulai dari pinjaman online, transaksi pembelian barang, transfer dana, pengelolaan aset, dan lain sebagainya.

Oleh karena memang Fintech merupakan bisnis yang menggiurkan, maka tak heran kini kumpulan aplikasi Fintech semakin merebak. Bahkan, tidak hanya Fintech konvensional, kumpulan aplikasi Fintech Syariah pun kini semakin banyak bermunculan.

Berikut ini adalah kumpulan aplikasi Fintech yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia :

  • GoPay
  • Akseleran
  • Investree
  • Amartha
  • Kredivo
  • TaniFund
  • Link Aja

Jenis-jenis Fitur Aplikasi Fintech

Aplikasi Fintech - Jenis-jenis Fitur Aplikasi Fintech

Seolah bank yang selalu ada dalam genggaman, Fintech memberikan makna yang begitu luas bagi para penggunanya. Berbagai hal dapat dilakukan dengan hanya menyentuh layar smartphone. Meski begitu, perlu diketahui bahwa Fintech memiliki beberapa fitur dan masing-masing fitur berbeda cara penggunaannya. Dengan mengetahui kegunaan masing-masing jenis Fintech, Anda dapat memilih Fintech mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menurut Bank Indonesia, terdapat empat jenis fitur aplikasi Fintech yang dikategorikan berdasarkan fungsi dan tujuannya, yaitu P2P lending dan crowdfunding, manajemen risiko investasi, ewallet atau payment gateway, dan market aggregator. Keempat Fintech tersebut diharapkan mampu mempermudah segala bentuk pengelolaan keuangan dan memenuhi permintaan, serta kebutuhan masyarakat.

Marketplace Finansial

Aplikasi Fintech - Marketplace Finansial

Nama marketplace finansial mungkin masih asing di telinga dan lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer (P2P) Lending dan Crowdfunding. Fintech jenis ini memberikan keuntungan bagi para pebisnis yang butuh dana untuk modal usahanya. Melalui platform ini, pemilik modal atau investor akan bertemu dengan pihak yang sedang membutuhkan dana.

Dengan proses yang mudah dan cepat, investor akan dengan mudah menanamkan modalnya, sedangkan pihak yang butuh dana akan dengan cepat memperoleh pinjaman modal untuk usahanya. Kumpulan aplikasi Fintech jenis ini yang dapat ditemukan di App Store dan Play Store, seperti aplikasi Investree, Kitabisa, Akseleran, dan lainnya.

Management Risiko Investasi

Aplikasi Fintech - Management Risiko Investasi

Seperti namanya, manajemen risiko investasi merupakan upaya yang dilakukan untuk meminimalisir risiko yang mungkin dapat terjadi dalam kegiatan investasi. Memang, risiko akan selalu ada dan tidak dapat dielakkan. Namun, risiko dapat diantisipasi agar tidak menimbulkan kerugian yang besar.

Manajemen risiko investasi akan memberikan kemudahan pada Anda untuk memantau kondisi keuangan dan perencanaan keuangan yang praktis. Hanya dengan smartphone di tangan, Anda sudah dapat mengakses manajemen risiko investasi dan mengontrol keuangan Anda dimanapun dan kapanpun.

E-Wallet atau Payment Gateway

Aplikasi Fintech - E-Wallet atau Payment Gateway

E-wallet atau dompet elektronik merupakan suatu perangkat elektronik dan layanan jasa digital di bidang keuangan. Dengan adanya e-wallet, pengguna akan dimudahkan dalam proses transaksi secara online. Sementara, yang dimaksud Payment Gateway adalah suatu sistem transaksi online yang memberikan hak atau kewenangan kepada lembaga tertentu untuk terlibat proses pembayaran.

E-Wallet dan Payment Gateway merupakan salah satu jenis Fintech yang tergolong dalam kategori payment, clearing, dan settlement. Layanan dari Fintech jenis ini meliputi layanan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Real Time Gross Settlement, Sistem Kliring Nasional BI, dan BI Scripless Securities Settlement System. Adapun contoh dari aplikasi Fintech jenis ini seperti, Kartuku, Doku, iPaymu, Finnet dan Xendit.

Market Aggregator

Aplikasi Fintech - Market Aggregator

Fintech jenis ini membantu masyarakat untuk membuat keputusan perihal pengelolaan keuangan dengan menampilkan informasi dan data, contohnya seperti dalam perbandingan fitur, harga atau kualitas suatu produk. Adapun kumpulan aplikasi Fintech yang tergolong market aggregator adalah Cekaja, Cermati, KreditGogo, dan Tunaiku.

Misalnya saja, sebelum Anda hendak membeli produk, Anda bisa memanfaatkan Cekaja, Cermati, atau sejenisnya untuk memperoleh informasi soal barang yang hendak Anda beli. Dengan begitu, keputusan yang Anda buat akan tepat guna dari sisi manfaat dan harga.

Cara Kerja Aplikasi Fintech Bagi UKM

Aplikasi Fintech - Cara Kerja Aplikasi Fintech Bagi UKM

Perlu diakui bahwa memang kehadiran Fintech sangat berarti bagi UKM. Perannya sangat besar untuk keberlangsungan dari UKM itu sendiri dan tenaga kerja yang terlibat.

Berikut ini akan dipaparkan beberapa cara kerja aplikasi Fintech bagi UKM :

Menyediakan Pinjaman Online

Aplikasi Fintech - Menyediakan Pinjaman Online

Sebelum Fintech lahir, pinjaman uang tunai membutuhkan proses yang panjang dan persyaratan yang rumit. Selain itu, pemohon juga wajib datang ke kantor atau bank secara langsung. Akan tetapi, semenjak kumpulan aplikasi Fintech berbondong-bondong hadir di tengah masyarakat, berbagai kemudahan untuk mendapatkan pinjaman uang tunai semakin terbuka lebar. Hal ini tentu kabar baik bagi para pengusaha UKM untuk mendapatkan suntikan modal secara cepat dan juga aman.

Mempermudah Proses Melalui Sistem Online

Aplikasi Fintech - Mempermudah Proses Melalui Sistem Online

Selain mampu memberikan pinjaman modal, Fintech juga memberikan kemudahan dengan pengajuan permohonan pinjaman yang dapat dilakukan semudah menjentikkan jari. Dikatakan demikian karena proses permohonan pengajuan pinjaman melalui sistem online, sehingga lebih efisien dari segi waktu maupun biaya. Anda bisa mengakses aplikasi Fintech tersebut tanpa ada batas waktu, ataupun tempat.

Menggunakan Teknologi Pembayaran Secara Massal

Aplikasi Fintech - Menggunakan Teknologi Pembayaran Secara Massal

Keberadaan Fintech juga berperan dalam pembayaran secara massal. Jika sebelumnya pembayaran ini harus melewati proses yang rumit, kini dengan Fintech akan lebih cepat dan aman. Anda pun tak perlu khawatir karena Fintech menerapkan peraturan bank, sehingga terjamin keamanannya.

Menawarkan Efisiensi Waktu

Aplikasi Fintech - Menawarkan Efisiensi Waktu

Dengan adanya Fintech, Anda dapat memeriksa keuangan UKM Anda, baik pemasukan maupun pengeluaran Anda. Oleh karena Fintech bersifat transparan, maka Anda akan lebih mudah mengelola keuangan usaha Anda, serta dapat menghemat waktu Anda karena proses yang begitu mudah.

Menggunakan Teknologi Pembayaran Tagihan dengan Mudah dan Aman

Aplikasi Fintech - Teknologi Pembayaran Tagihan

Bagi para pelaku UKM yang memang kesulitan untuk mendapatkan waktu luang, Fintech akan membantu dalam hal pembayaran tagihan yang menggunakan sistem online, sehingga lebih praktis. Dengan sistem ini, pelaku UKM tidak perlu melakukan pembayaran tagihan dengan pergi ke bank atau ke ATM. Teknologi dari kumpulan aplikasi Fintech, yang sudah terdaftar di OJK, juga memberi akses berupa kemudahan pembayaran tagihan yang aman hanya melalui smartphone saja.

Demikianlah ulasan mengenai kumpulan aplikasi Fintech yang bisa Anda coba. Jika hendak menggunakan beberapa aplikasi Fintech yang tidak tercantum di atas, pastikan apakah kumpulan aplikasi Fintech tersebut sudah terdaftar di OJK.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 866

No votes so far! Be the first to rate this post.